Sabtu, 07 Juli 2018

MENDIDIK DENGAN METODE KLASIK:"BAWEL"


Yang Pernah ngalamin masa kanak-kanak,tentu familiar dengan kata CEREWET ini,hehe...apapun persepsinya terhadap istilah tersebut,darimanaoun sudut pandang anda tentang istilah ini.Hampir tiap saat ketika masih kecil  kita dicerewetin, baik sama kedua orangtua kita maupun sama Kakek dan Nenek kita:
  1. "Kakak...ayo bangun!"
  2. "Adek....cepet tidur,jangan nonton TV terus!"
  3. "Neng,rapihin tempat tidurnya!"
  4. "Jangan bicara kalau lagi makan"!
  5. "Dengarkan kalau orangtua lagi bicara!"
  6. "Ayo,belajar!Buka buku pelajarannya,jangan lupa Peernya kerjakan!"
  7. "Jangan lupa,kalau mau tidur beedoa dulu!"
  8. Dan masih banyak lagi kenangan manis kita dimasa kecil yang masih terngiang ditelinga kita hingga saat ini.
Dan...kita saat ini adalah produk kecerewetan kedua orangtua kita dulu,cerewetnya mereka adalah:

  1. Kasih sayangnya
  2. Perhatiannya
  3. Kepeduliannya
  4. Cara / metodenya untuk mendidik kita
Terbukti,banyak hal positif yang kita rasakan saat ini dari kecerewetan atau kebawelan kedua orangtua kita dulu,dan banyak memberikan kontribusi positif bagi tumbuh kembang kita,Pembentukan karakter serta Mental sosial kita.
Dan.., banyak diantara kita yang menyandingkan istilah CEREWET ini dengan kata BAWEL,apa benar CEREWET sama dengan BAWEL??
Mari kita telusuri arti dari tiap istilah tersebut.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,bahwa:
  1. cerewet/ce·re·wet/ /ceréwét/ a suka mencela (mengomel, mengata-ngatai, dan sebagainya); banyak mulut; nyinyir; bawel: pembantu rumah tangga tidak suka bekerja pada nyonya rumah yang --;
  2. bawel/ba·wel/ /bawél/ a suka mencela; cerewet
Setelah ditelusuri makna dari kedua istilah tersebut,kita semua pasti berkesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signipikan dari kedua pengertian istilah diatas,malahan kita terkadang menari kesimpulan bahwa kedua istilah tersebut sama pengertuannya,CEREWET ya BAWEL,jadi andai ada diantara anak-anak ataupun orang dewasa yang menyandingkan istilah CEREWET dengan istilah BAWEL,kita tidak dapat menyalahkannya.
Sudahlah,semua saya serahkan pada anda,saya tidak akan fokus pada perbedaan ataupun persamaannya,namun yang akan saya bedah,adalah makna tersembunyi dari setiap kata BAWEL tersebut seperti berikut:

  1. Behavior
  2. Ability
  3. Warning
  4. Earnest
  5. Laudable

Baiklah kita perluas bahasannya satu persatu:
  1. Behavior adalah sikap atau tingkah laku atau tindak tanduk seseorang,jadi dengan seringnya orangtua kita bawel terhadap apapun yang menurut mereka laik untuk dibawelin,terutama yang menyangkut dengan sikap,tingkah laku serta tindak tanduk kita,diharapkan selalu sesuai dengan norma atau aturan,baik norma keluarga,norma Agama,serta Norma dan aturan lain yang berlaku dimasyarakat,baik yang tertukis maupun yang tidak tertulis.
2.Ability adalah Kecakapan,bakat atau Kemampuan,jadi ketika kita dibawelin kemudian kita ikuti dan turuti,insyaallah kecakapan,bakat serta kemampuan kita akan berubah lebih baik,contohnya ketika orangtua kita menyuruh untuk belajar,menyuruh untuk segera pergi ketempat Les,dan sejenisnya,jika kita menurut pada mereka,inshaallah Kecakapan,bakat dan kemampuan kita semakin lebih baik.
3.Warning artinya  Peringatan,jadi bawelnya mereka adalah warning atau peringatan agar kita senantiasa baik,senantiasa jadi anak yang penurut,jadi anak yang selalu patuh dan tidak melakukan hal-hal yang tidak baik serta tidak melakukan kesalahan yang sama.
4.Earness artinya bersungguh-sungguh,orangtua kita ngebawelin kita ,bertujuan agar kita  selalu bersungguh-sungguh atau serius dalam segala hal.
5. Laudable artinya patut dipuji.Orangtua kita bawel bermaksud agar kita menjadi anak yang patut dipuji dan menjadi anak yang terpuji,sopan terhadap kedua orangtua,guru,teman dan sahabat serta masyarakat sekitarnya.
Demikian,mudah-mudahan bermanfaat,sekali lagi mohon maaf bila berbeda sudut pandang dalam menafsirkan arti BAWEL,yang jelas BAWELnya kita terhadap anak-anak kita atau BAWELnya dulu orangtua kita terhadap kita adalah sebuah Cara atau Metode yang mereka ketahui dan mereka yakini untuk mendidik kita agar menjadi anak yang berbakti terhadap kedua orangtua,Agama,Bangsa dan Negara,serta menjadi anak yang pberkarakter.
Terimakasih telah mampir di blog kami!

Daftar Referensi:



  1. https://kbbi.web.id/cerewet
  2. https://kbbi.web.id/bawel
  3. Foto dokumen pribadi

Tulisan ini saya dedikasikan buat :

  1. Keluargaku tersayang:"Maaf,Ayah selalu BAWEL!💞
  2. Murid-muridku semua:"Maaf juga,BAWEL!"💞

Tidak ada komentar:

Posting Komentar