Minggu, 17 September 2017

NGEUSI WAKTU NGANGGUR DILEMBUR



Asa hayang seuri sorangan,lamun kabayang lalampahan kuring mangsa keur leutik mun dibandingkeun jeung lalampahan barudak dizaman serba digital saperti kiwari.
Da puguh kuringmah hirup keur zaman tai kotok dilebuan ceunah,tong boroning boga tivi komo hape diimah teh,tivi ge salembur teh ngan aya hiji,jaba hideung jeung bodas alias hitam putih tivi na ge,mun lalajo diriung ku batur salembur,eta geura giliran reresepna,eh....dipindahkeun cenel na teh,ku nu gaduh,tibang humandeuar nu lalajo mah,da rumasa nebeng lalajo wungkul.
Tah,palebah waktu nganggur alias keur euweuh kagiatan babantu kakolot nu seru mah (dizaman harita),kuring sok ngeusi waktu nganggur ku sarupaning kagiatan jeung kaulinan lembur,omat tong nyengseureun nya,da jaman tai kotok dilebuan ieuh,kuring saparakanca teubisa maen hape,maen gem,maen internet jeung sajabana,da puguh....heuheuh,hape na ge teuboga gambar-gambarna acan,nya daripada ruang riung teupuguh,biasana kuring jeung balad-balad,sok ngeusi waktu nganggur dilembur ku hal-hal saperti dihandap ieu:

  1. Ngurek

  • Ngurek teh ngala belut make alat anu disebutna urek,anu dijieuna tina kenur anu dianyam,di salah sahiji tungtungna diasupkeun kana urek.Cara makena,kakait urek dikaitkeun kana eupan mangrupa bancet,sanggeus kitu tuluy neangan liang belutna,ngabring mapay-mapay galeng,sanggeus manggih tuluy eta urek nu geus dieupanan teh diasupkeun kana liang belut kucara digere,sanggeus nyanggut kakara ditarik,borojol atuh katempo belutna ngait dina urek,surak....pan anu geus hasil mah bari mapanas batur nu can bebenangan.
2.Kokodok

  • Ari kokodok mah beda jeung ngurek,kokodokmah nyaeta ngala lauk diwahangan ku leungeun teumake alat nanaon.Carana leungeu katuhu jeung kenca dianclubkeun kana cai wahangan,dipake ngarampaan sela-sela batu,najan teumake alat ge ari nu ahlimah,meus-meus giriwil deui-giriwil deui beubeunangan,aya lele,lauk emas,mujaer,sepat oge beunteur,aya keneh jaman haritamah beunteur,ayeunamh leungit da caina cemer ku cai sabun jigahna.
3.Nyair

  • Tah...nyairmah make alat anu disebut ayakan,biasana mapay-mapay solokan,ayakan dianclubkeun kana jero cai,tuluy diangkat,mun kabeneranmah sok aya nu kasair,mangrupa lauk beunteur,mujaer,ngan lolobana sok meunang lauk surawet atawa impun,lumyan surawet ge ari loba mah,busa dipais,dikurusuk dina lebu panas disaung sawah,make surawung jeung sajabana,pedo pisan atuh
    4.Ngasag

  • Mun ngasag biasana kakebon atawa kasawah,nyaeta neangan sesa-sesa panen hui boled,baheulamah pan,kebon atawa sawah teh sok diparelakan hui boled.
5.Nyirung

  • Nyirung ge teujauh beda jeung ngasag,bedana ari nyirungmah neangan sesa panen hui diswah atawa dikebon tapi hui na biasana sok geus katempo aya sirungan,nya disebut weh nyirung,amis.....hui na teh.
6.Ngobor

  • Ngobor teh neangan belut atawa manuk wanci peuting make alat nudisebut obor,tapi kadieunakeunmah obor teh geus diganti ku lamu patromak,anu maksud supaya leuwih caang.
7.Nguseup

  • Nguseup mah rarasaan teu aneh nya,najan jaman geus sarwa digital ge aya keneh,ngan kuringmah baheula paling banter ngusep disolokan,pan ayeuna bisa kabenungan atawa kalaut.
8.Marak

  • Marak teh ngabendung wahangan ku cara numpuk-numpuk batu tuluy diselipan jukut atawa dangdaunan sisi solokan supaya caina saat,mun geus saat biasana sok cing koleab pan lauk mah,tinggal ntairan atawa newakan wae ku leungeun,tuluy diasupkeun kana kempis.
9.Langlayangan

  • Langlayangan oge rarasaan teuaneh nya,da buktina loba pan nulanglayangan disawah,tibudak nepika kolot aya katempo.Ari keur zaman kuringmah lain langlayangan model kiwari nu meunang meulu tapi baheulamah,nyieun sorangan,carana tinggal neangan daun gadung nu geus kolot ditalian ku ramat cau,tuluy diapungkeun disawah.
10.Ngadu pangal

  • Ngadu pangal ge alhamdulilah aya keneh dilemurmah,bedana ngan saukur dina cara nyieuna,baheulamah nyieun sorangan ku tangkal jambu pan,talina make sarung nu geus teudipake tuluy dirara dina tuur,ari ayeuna mah pan pangal na tos dimodip ningan,rupa-rupa bentuk jeung warnana.
11.Ngadu Kaleci

  • Ieu ge sarua aya keneh,cara maena ge teujauh beda jeung baheula.
12.Bancakan

  • Tah...mun bancakan asa jarang katempo ayeunamah.Bancakan teh hiji kaulinan anu cara maena ngolompok,leuwih tisaurang sakelompokna,alatna nyaeta gunukan kenteng leutik nu ditumpuk jigah gugunungan,tuluy dijaga ku nu ucing,nu laina nyarumput,mun katempo nu jaga galideur,kakara kaluar bari nyepak kenteng tea,tuluy nyumput deui,watirmah mun nu jaga na kebluk,teubisa mangihan nu nyumput,sok nepi ka leweh pan.
13.Morog

  • Lamun morog mah nyaeta ngala manuk make alat nu disebut Porog nu dijieuna tina ramat cau nu danyam,tapi da lain morog manuk nu dilindingi,paling oge morog manuk piit.
Sumber Foto dari:

  • http://1.bp.blogspot.com
(Izin share foto ",berburu belutnya"

Kamis, 14 September 2017

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PETUAH "KARUHUN SUNDA"


PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PETUAH "KARUHUN SUNDA"



Menelisik judul artikel yang saya Posting ini,ada beberapa kosa kata yang perlu saya jelaskan,namun tidak bermaksud menggurui,hanya bermaksud menjelaskan secara singkat tentang kosa kata yang berasal dari Bahasa Sunda


1.Pendidikan Karakter
  • Pendidikan karakter adalah segala usaha yang dilakukan dalam mendidik peserta didik atau siswa sehingga memiliki karakter yang dikehendaki yaitu karakter-karakter yang sesuai dengan nilai-nilai moral, berbangsa dan bernegara serta etika dan budaya

   2.Petuah
  • Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia bahwa arti Petuah adalah:petuah/pe·tu·ah/ n 1 keputusan atau pendapat mufti (tentang masalah agama Islam); fatwa; 2 nasihat orang alim; pelajaran (nasihat) yang baik: dalam pertemuan itu diharapkan nasihat dan -- orang-orang tua;

    berpetuah/ber·pe·tu·ah/ v memberi petuah (nasihat);



    memetuahkan/me·me·tu·ah·kan/ v memberikan petuah; menasihatkan; menganjurkan
   3. Karuhun sunda
  • Arti kata "Karuhun" (Bahasa Sunda) dalam Bahasa Nasional adalah "Leluhur",sedangkan SUNDA adalah salah satu suku di Propinsi Jawa Barat
Jadi,arti dari judul artikel "Pendidikan Karakter Dalam Petuah Karuhun Sunda" adalah Pendidikan Karakter Dalam Nasihat para Leluhur orang Sunda.
Pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di sekolah dan lingkungan sosial. Pada hakekatnya, pendidikan memiliki tujuan untuk membantu manusia menjadi cerdas dan tumbuh menjadi insan yang baik.
Ada 5 Nilai utama pendidikan Karakter,yaitu:
  1. Religius
  2. Nasionalis
  3. Mandiri
  4. Integritas
  5. Gotongroyong
Berikut,saya klasipikasikan Petuah Karuhun Sunda kedalam 5 nilai utama Pendidikan Karakter,yaitu:

1.Religius

  • Ngeduk cikur kedah mihatur nyokel jahe kedah micarek artinya seandainya kita  mau  mengambil sesuatu harus seijin dari yang punya
  • Mulih kajati mulang kaasal  artinya bahwa kita semua akan kembali kepadaNya (Allah Ta'ala)
  • Dihin pinasti kersa hyang widi artinya segala sesuatu yang terjadi,terjadi atas jehendakNya (Allah Ta'ala)
  • Melak cabe jadi cabe melak bonteng jadi bonteng, melak hade jadi hade melak goreng jadi goreng artinya apa yang kita perbuat,itu yang akan kita peroleh kelak di akhirat.
  • Omat urang kudu bisa ngaji diri artinya kita harus bisa mengintrospeksi diri kita.
  • Ulah nyaliksik ku buuk leutik artinya jangan memperalat orang kecil untuk kepentinga sendiri atau golongan.
  • Ulah keok memeh dipacok artinya bersikapah seperti Kesatria,yang siap menghadapi semua konsekwensi kehidupan,tidak takut menghadapi tantangan sebelum dijalani.
  • Taat sumembah kanu janten rama, sumujud tumut kanu janten ibu artinya patuh dan taat kepada kedua orangtua,,melaksanakan semua nasihatnya. 
  • Dahareun anu asup kanu awak, bakal jadi kulit, jadi daging, jadi sumsum, jadi balung artinya hati_hati dalam memberi napkah keluarga atau hati_hati dengan makanan yang kita makan,harus memberi makan ataun kita harus makan dari hasil kerja yang halal.
  • urang kakungkung ku rohmat pitulung nu Maha Agung artinya kita tidak akan lepas dati pertolongan Allah,karena jangan jauh dengan Allah
  • Jelema mah tungkul tumpuk kalalaputan, tanggah tempat kalalepatan artinya yang namanya manusia selalu berada didua sifat yang terkadang salah terkadang baik,kadang benar kadang salah.
  • Amit ampun nya paralun, ka Gusti Nu Maha Agung, ka Nabi anu linuhung, Muhammad anu jinunjung Kaluhur neda papayung, papayung Nu Maha Agung, kahandap neda pangraksa, pangraksa Maha Kawasa Ampun ka anu Maha Agung, Nu kagungan Kun fayakun artinya bahwa yang kita perbuat atau kerjakan janganlah lupa untuk selallu ingat kepada Allah,meminta pertolongan dan perlindunganNya. 
  • Ulah jalir janji lanca-linci luncat mulang udar tina tali gadang artinya harus menepati janji yang telah diucapkan
  • Tunggul tong dirurud, catang tong dirumpak, hirup katungkul ku umur, paeh teu nyaho dimangsa artinya bahwa kita harus senantiasa melaksanakan aturan dan norma yang berlaku.
  • Sing inget kana purwadaksina, purwa wiwitan, daksi wekasan artinya bahwa kita harus ingat asal darimana dan kembali kemana,kita harus ingat juga bahwa hari pembalasan itu akan tiba. 
  • Mipit kudu amit, ngala kudu mentaartinya segala sesuatu yang akan kita kerjakan harus meminta izin terlebih dahulu baik sama yang punya maupun sama Allah Ta'ala
  • Munjung ulah kagunung,muja ulah kasagara,munjungmah kudu ka indung,mujamah kudu kabapa artinya orangtya kita harus dihormati,disayangi,dimintai nasihat dan petuahnya.
  • Sakeclak kesang bapa nu jadi panyambung hirup,Sakecap pangdu'a indung nu mawa jalan ka syurga artinya segala sesuatu yang akan dilakukan harus mendapat restu dan doa dari kedua orangtua kita.

Nasionalis
  • Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh artinya kita harus saling mencintai,saling menasihat dan saling menjaga.
  • Ulah pagiri- giri calik, ulah pagirang- girang tampian artinya jangan saling  berebut kekuasaan
  • Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok artinya jangan patah semangat,harus sabar.
  • Jauh mo burung dijugjug anggang mo burung diteang artinya memotivasi kita agar terus semangat agar tujuan kita tercapai.
  • Sagolek pangkek, sacangred pageuh, teu unggut kalinduan, teu geudag kaanginan artinya teguh pendirian,tidak plinplan.

3.Mandiri

  • Mun teu ngoprek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih artinya bahwa kalau menginginkan sesuatu,harus dibarengi dengan usaha atau ihtiar.
  • Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna artinya bahwa kita diciptakan sebagai manusia oleh Alla Ta'ala itu dibekali dengan akal gunakan itu dengan baik dan bertanggungjawab.
  • Neangan luang tipapada urang bahwa dalam mencari ilmu dan menambah wawasan itu bisa didapat dari oranglain.
4.Integritas

  • Taraje nangeuh dulang pinande artinya bahwa dalam melaksanakan tugas dan kewajiban harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.
  • Sacangreud pageuh sagolek pangkek artinya konsisten atau selalu menepati janji.
  • Ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang,artinya harus teguh pendirian dan tidak plinplan
  • omat ulah lali kana purwadaksina artinya jangan lupa darimana kita berasal
  • Nyaur kudu diukur nyabda kudu di unggang artinya bahwa dalam berbicara atau mengeluarkan pernyataan itu tidak asal bicara.
  • Kudu hade gogod hade tagog artinya kita harus baik dalam berbicara maupun dalam berpenampilan.
  • Lain palid ku cikiih lain datang ku cileuncang artinya harus ada tujuan yang jelas.
  • Ulah ngaliarkeun taleus ateul artinya kita jangan menyebarkan isu, memfitnahorang serta menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya (hoax)
  • Bobot pangayom timbang taraju artinya penuh pertimbangan dalam memutuskan suatu perkara.
  • Leuweung ruksak, cai beak, manusa balangsak artinya bahwa kita harus menjaga hutan berikut isinya,jika tidak,manusi jugalah yang akan terkena akibatnya.
  • Hirup kudu sauyunan, mun kacai jadi saleuwi, ka darat jadi salogak artinya bersatu dalam perbedaan,tidak saling sengketa dan tidak saling menonjolkan diri.
  • Ulah gugur samemeh tempur, ulah perlaya samemeh perang artinya berjuanglah sekuat tenaga dan kemampuan sampai berhasil jangan sampai belum berbuat apa_apa tapi sudah menyerah duluan.
  • Indit ka medan jurit ulah dengki, lumampah ka medan danalaga ulah dendam, lumaku ka medan tempur ulah ujub artinya kemanapun kita pergi janganlah sombong dan takabur
  • Ari nu ngaranna hukum adil teh teu ninian, teu akian, teu indungan, teu bapaan, teu sobat-sobat acan artinya dalam penegakan hukum itu harus adil tanpa kecuali,berlaku sama untuk seluruh warga Negara.
  • Ratu tara ngahukum, raja tara nyiksa, melak cabe jadi cabe, melak bonteng jadi bonteng, melak hade jadi hade, melak goreng jadi goreng artinya hukuman atau sanksi yang kita peroleh merupakan konsekwensi dari perbuatan yang kita lakukan.
  • Ulah sirik pidik jail kaniyaya artinya jangan iri dan dengki kepada orang lain
  • Cing caringcing pageuh kancing,sing saringset pageuh iket artinya kita harus selalu siap siaga menghadapi segala kemungkinan yang terjadi
5.Gotongroyong
  • Bengkung ngariung bongok ngaronyok artinya selalu bersama_sama dalam menghadapi masalah ataupun kesulitan yang dihadapi.
  • Kudu paheuyeuk- heuyeuk leungeun paantay-antay tangay artinya bersatu padu dan saling bekerjasama. 
  • Ka cai jadi saleuwi kadarat jadi salogak artinya kompak dan satu tujuan.
  • Jeung dulur mah Jauh silih tepungan, anggang silih teangan, gering silih ubaran, paeh silih lasanan, salah silih benerkeun, poekeun silih caangan, mun poho silih bejaan artinya akur dengan sodara dan keluarga,saling bantu,saling memberi nasihat dan saling mengingatkan.
  • Sapapait samamanis,sabagja sacilaka,kacai jadi saleuwi kadarat jadi salebak artinya saling merasakan,empati,dalam suka maupun duka selalalu bersama.
Demikian hasil klasipikasi dan pengelompokan Petuah dari Karuhun Sunda yang saya peroleh dari berbagai sumber ini,mudah-mudahan ada guna dan manfaat,andai ada salah-salah kata dan salah penapsiran,saya mohon maaf karena tidak bermaksud seperti itu,jika ada koreksi atau ralat, silahkan masukan dikolom komentar,sebagai masukan dan koreksi dari teman-teman semuanya.
Klasipikasi diatas,mungkin hanya sebagian kecil saja yang saya lakukan,karena petuah yang kita peroleh maupun dengar,baik langsung maupun tidak langsung dari moyang atau karuhun kita,dari orangtua kita,dari teman dan sahabat,masih banyak bertebaran dibumi Parahyangan ataupun diseluruh Indonesia ini,dan ternyata petuah leluhur kita tersebut selaras dengan Pendidikan Karakter yang sekarang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan oleh Pemerintah.
Oleh karena itu mari kita wariskan petuah karuhun kita ini kepada generasi penerus Bangsa ini,agar mereka menjadi Generasi yang berkarakter.

Referensi:


Kamis, 07 September 2017

ADA MAKNA DIBALIK PRESENTASI KELAS



Kita sering menyaksikan,orang berbicara didepan forum atau pada suatu acara,Workshop,Bintek,Seminar atau kegiatan lain.
Kegiatan tersebut biasanya didukung oleh alat-alat seperti:Laptop,Infocus,Layar,Laserpoint,speaker aktiv,dan alat pendukung lainnya.
Tidak salah jika kita sampaikan rasa ketertarikan kita atas penampilan sang penyaji,baik itu pada gaya bicaranya,penyajian materinya,penguasaan materinya,caranya memotivasi peserta,maupun mahirnya sang penyaji dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta,Luar......biasa!

Itulah Presentasi dengan segudang cerita menarik didalamnya.
Lalu,apa itu Presentasi?
Presentasi adalahsuatu kegiatan berbicara dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu topik atau materi.
Hal tersebut diatas,bisa kita terapkan dalam kagiatan pembelajaran dikelas,tentu dengan sedikit adaptasi,karena yang akan kita kedepankan adalah Presentasinya para siswa,yang akan kita latih dan bimbing untuk mempresentasikan hasil diskusi atau kerja kelompoknya.
Para siswa akan kita bimbing agar bisa berpresentasi didepan temab-temannya sesuai kemampuannya,tentu debgan tidak mengabaikan penggunaan IT penunjang,seperti penguasaan Laptop serta infocus,untuk langkah awal kita fokuskan pada kompetensi siswa dalam hal kemampuan berbicara,keberanian berbicara dan mengeluarkan pendapat.
Perihal penguasaan IT akan kita lanjutan pada tahap berikutnya,setelah kompetensi tahap pertama dikuasai oleh siswa.

Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai,pada tahap pertama ini sangatlah sederhana,yaitu siswa menguasai Kompetensi 3B,yaitu:

  • Berani berbicara didepan umum
  • Berani menyampaikan pendapat
  • Berani mengeluarkan pendapat
Mudah_mudahan dari penguasaan 3B yang ingin dicapai ini bisa melahirkan hal yang luar biasa kelak dikemudian hari,seperti:
  1. Melatih keberanian siswa tampil didepan kelas
  2. Melatih siswa berani berbicara didepan kelas
  3. Melatih siswa berani mengeluarkan ide dan gagasan
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa
  5. Membangkitkan keberanian siswa untuk bertanya dan menjawab
Langkah sederhana Presentasi kelas
Banyak ragam dan cara kita untuk membimbing siswa presentasi didepan kelas,salah satunya adalah:


  1. Kondisikan kelas kedalam situasi belajar
  2. Pastikan pada RPP anda terkondisikan metode yang mendorong siswa untuk presentasi,misalnya ada diskusi,kerja kelompok,atau metode lain yang mendukung.
  3. Untuk tahap pemula atau baru pertama presentasi,bimbinglah para siswa agar mereka tahu langkah-langkah mempresentasikan sebuah topik,mulai dari pembukaan (opening seasion),menyampaikan inti presentasi,Mempersilahkan teman-temannya untuk menanggapi,bertanya,atau membantu menjawab,dan terakhir menutup sesi presentasi (clossing presentation)
  4. Lakukanpresentasi secara periodik,agar talent suswa terlatih dan kompetensi dibidang presentasinya meningkat
Demikian sedikit uraian tentang presentasi,bahwa ada makna luarbiasa dibalik presentasi kelas.

Referensi:

Video koleksi pribadi





















Selasa, 05 September 2017

MODIFIKASI MENU RESEP PEDAGANG DIKELAS


Pedagang, sebuah kata yang familiar ditelinga kita,dimana-mana ada,dikampung dikota,dipelosok ditengah kota,dipasar maupun diterminal,bahkan dilingkungan sekolah sekalipun,mereka ada.
Boleh dong kita iri pada mereka,tapi bukan iri atas pendapatannya,melainkan iri atas kepiawaiannya memikat pembeli.
Iseng,saya perhatikan para pedagang yang berjualan disekitar sekolah,baik dari sisi sang pedagang maupun dari sisi sang pembeli:
Ini hasil ibservasinya:
  1. Mereka (Pedagang),datang sebelum calon pembeli (para siswa) datang
  2. Mereka (Pedagang),mepersiapkan barang dagangannya sebelum calon pembeli (para siswa) datang.
  3. Mereka (Pedagang) dengan ramah menawarkan barang dagangannya ketika calon pembeli menghampiri.
  4. Mereka (Pedagang),dikangenin sama calon pembeli,terbukti,begitu sang calon pembeli tiba, mereka langsung mengerubutin pedagang,seolah lupa bahwa mereka punya kewajiban bertugas membersihkan kelas.
Hebat kan?
Itu sebagian kecil,hal yang saya amati.
Lalu saya refleksikan hasil observasi sederhana tersebut,Bagaimana jika resep pedagang dalam mempersiapkan dan  melayani pembeli tersebut diaplikasikan dikelas,tentu saja setelah dimodipikasi disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berbeda.
Dan,ini hasil modifikasinya:
  1. Jika mereka (Pedagang),datang sebelum calon pembeli (para siswa) datang,kita pun sebagai guru,harus datang sebelum para siswa datang
  2. Jika mereka (Pedagang),mepersiapkan barang dagangannya sebelum calon pembeli (para siswa) datang,begitupun dengan kita (Guru),kita memang seharusnya mempersiapkan dan merencanakan Skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan esok hari.
  3. Jika mereka (Pedagang) dengan ramah menawarkan barang dagangannya ketika calon pembeli menghampiri, begitupun kita (Guru),kita harus ramah dalam membimbing para siswa,santun dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa,sehingga para siswa terpikat dan tertarik untuk belajar.
  4. Jika mereka (Pedagang),dikangenin sama calon pembeli,terbukti,begitu sang calon pembeli tiba, mereka langsung mengerubutin pedagang,seolah lupa bahwa mereka punya kewajiban bertugas membersihkan kelas,begitupun kita(Guru),buatlah hati para siswa selalu terpaut pada kita,sehingga kehadiran kita dikelas selalu dinanti dan dikangenin,para pedagang berusaha keras dengan berbagai cara untuk menarik calon pembeli, nah...hal tersebut juga dapat diterapkan dikelas,kitz (Guru),harus berusaha keras menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan.
Demikian bahasan singkat ini,mudah-mudahan bermanfaat,satu hal yang harus kita ingat,bahwa Belajar bisa dari siapa saja,darimana saja dan kapan saja.

Referensi:
Foto koleksi pribadi

Senin, 04 September 2017

KONSEP DESAIN GRAFIS DI KELAS


Menurut Wikipedia bahwa Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.
Apakah bisa Desain Grafis diaplikasikan dikelas?
Jawabannya tentu saja bisa!
Desain Grafis bisa diaplikasikan dalam Tata Kelola kelas,terutama dalam Tata letak dikelas,jika kita analogikan bahwa kelas adalah rumah kedua kita,maka layaknya kita kelola rumah begitupun kita kelola kelas.
Kita menjadi betah dan senang tinggal dirumah,itu karena kita dapat mengelola rumah dengan baik,dapat mengatur tata letak atau layout rumah dengan benar,dapat menempatkan SESUATU pada tempatnya yang layak,sehingga rumah menjadi nyaman dipandang,sejuk dilihat dan betah untuk ditinggali.
Nah...mari kita rubah desain kelas menjadi sebuah ruang tang enak dipandang mata,sejuk dilihat dan menjadikan kelas menjadi sebuah tempat yang betah ditempati penghuninya,ya gurunya juga oleh siswanya.
Dengan pengelolaan kelas yang baik dan tata letak desain grafis yang manis,diharapkan siswa menjadi nyaman belajar dan rindu untuk kembali kekelas.
Lalu,apa saja yang harus diatur Tata letaknya dikelas,berikut bahasannya:

A.Meja dan Kursi
Meja dan kursi,baik meja dan kursi siswa maupun meja dan kursi guru,harus diatur tata letaknya,guru bersama siswa,jangan takut untuk merubah tata letak meja dan kursi secara periodik,tentu saja dengan memperhatikan:
  • Kemudahan siswa dalam menjangkau berbagai sarana dan prasara pendukung kegiatan belajar mengajar seperti kapur tulis,dan alat-alat belajar yang lain
  • Memudahkan gerak dan langkah guru maupun siswa,guru dan siswa tidak terhalangi geraknya ketika akan bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain.
  • Memudahkan ketika guru dan siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.
  • Memudahkan ketika siswa bekerjasama dengan kelompok lain
Untuk Formasi tata letak meja dan kursi,kita bisa mencari referensi,misalnya:
FORMASI "U"
FORMASI LINGKARAN
FORMASI KONFERENSI

Illustrasi diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyak formasi tata letak meja dan kursi,atau ktaita bisa meenciptakan formasi sendiri yang disesuaikan dengan ketersediaan space kelas yang ada.

B.Hiasan Dinding
Hiasan dinding adalah suatu benda (Lukisan,Kerajinan,atau ganmbar edukatif lain),yang digunakan untuk menghias kelas agar lebih cantik dan lebih indah dipandang mata.
Hiasan dinding dikelas tentu berbeda dengan hiasan dinding yang ada dirumah,karena kalau dikelas harus memperhatikan faktor edukasinya disamping faktor estetikanya tentunya.
Hiasan dinding dikelas adalah produk hasil unjuk kerja siswa,yang dipajang atau ditempel didinding kelas,manfaatnya tentu saja ada,diantaranya:

  • Dengan ditempel atau dipajangnya hasil unjuk kerjanya dikelas,akan timbul rasa bangga atas hasil karyanya dan diharapkan juga dapat bangga dan menghargai hasil karya orang lain disekelilingnya.
  • Dapat memotivasi daya cipta maupun daya kreatifitas siswa
  • Menambah nilai estetika ruangan,oleh karena itu jangan sampai dengan adanya hiasan dinding malah menjadikan ruangan terkesan kumuh dan tidak teratur
  • Membuat betah penghuni kelas
C.Sarana dan Prasarana lain
Yang dimaksud dengan sarana dan prasarana lain disini adalah benda-benda lain penunjang kegiatan belajar dikelas seperti lemari,rak buku,alat peraga dan yang lainnya.
Pengelolaan dan tata letak sarana dan prasarana pun harus diperhatikan,baik dari segi mobilitas,interaksi,estetika maupun aksesibiitas siswa dan guru


Referensi:
  • Wikipedia
  • Foto koleksi pribadi



Selasa, 01 Agustus 2017

NU AMPIR LEUNGIT

Sok rajeun nitenan,tingkah paripolah murangkalih ayeuna tipoe kapoe,timinggu kaminggu,tug nepika titaun kataun,asa..rosa parobihana teh,heug dibandingkeun sareng kahirupan urang dina lima dugi ka sapuluh taun kapengker,asa hariwang mung nyoreang katukang,mangsa simkuring keur jadi nonoman,tebih...pisan perbentenana,geura urang titenan hiji-hiji,anu dipimaksad kangge bahan renungan kangge urang sadayana,supados kin janten pangemut-ngemut ka urang sadayana,ampun paralun sanes maksad mapatahan ngojay kameri.
Kapungkur:

  1. Pami urang pendak sareng bapak kalih ibu guru,sok nyolongkrong ngasongkeun dua panangan ka marantena bari di cium panangan marantena teh,upami ayeuna kumaha cobi,boro-boro mayunan nyolongkrong bari salam,malih hare-hare,malihmah aya sabagian murangkalih nu kalah nyumput pan,komo tos rada ningkatmah sakolana di jenjang nu langkung luhur,isin ku kabogoh panginten nya,tapi parandene kitu,eta paripolah murangkalih kitu teh Alhamdulilah teusadayana kitu,aya keneh murangkalih urang nu paboro-boro hoyong salam ka bapak ibu guruna,mudah-mudahan sing neras,da eta kabiasaan teh sae teukedah janten robih kusabab sakola tos luhur,malihmah beuki luhur sakola atanapi elmuna kedah langkung depe-depe handap asor,langkung hormat tilawat kasaha wae,boh ka ibu bapa guru,ka sepuh,kasasama atanapi kasahandapeun,turutan elmu pare,anu makin eusian makin tungkul atanapi saur bahasa Nasionalna mah makin berisi makin merunduk,tah kitu nu kahiji,TATAKRAMA atanapi SOPAN SANTUN tos ngirangan tina hirup kumbuh barudak kiwari.
  2. Pami urang maksad natamu atanapi dipiwarang kawarung kusepuh urang kapungkur,pan urang mah sok unjuk salam,boh assalamualaikum atanapi punten,mangga titenan perbentenana sareng murangkalih ayeuna,pami kawarung ujug-ujug :"meser.....mang bi meser...",teu punten teu unjuk salam ka nu kagungan warung teh pan.Salajengna pami nuju mapah teras ngalangkungan hiji jalmi nu nuju ngariung ditepas atanapi dimana wae,eh...da sami eta ge,tara punten-punten acan,tapi...tina kituna,teusadayana murangkalih urang sapertos kitu,aya keneh nu sok unjuk salam atanapi permisi pami kawarung atanapi natangga,aya keneh murangkalih urang nu kersa Ngagalih Punten pami ngalangkungan batur,tah...mudah-mudahan kabiasaan ieu ge teuleungit tina adat kabiasaan urang,anak incu kisunda masih kersa nyebat Punten teuisin pedah zaman tos ngaglobal teuera pedah jaman geus moderen,palaur keuna kana paribasa JATI KASILIH KUJUNTI.
  3. Pami urang nampi naon wae tibatur,conto,ning kapungkurmah pami boboran teh sok silih kintun rantang ka tatanggi,urang pan dipiwarang ku sepuh kangge nyanggakeunana,apanan sok dipapatahan memeh angkat teh ku sepuh,urang kedah nyanggem haturnuhun pami nampi pamulang geulis titatanggi teh,tah...kecap HATURNUHUN teh asa jarang kakuping ku kiwari mah,contona nu sanesna,pami urang kapungkur bade angkat sakola teras dipasihan acis kangge jajan padahalmah teuageung eta acis teh,tapi panampian urang sakitu ageungna kasepuh,ngahaturkeun nuhun bari acong-acongan,mangga bandingkeun sareng kiwari,nalika murangkalih dipasihan kangge jajan nu sakitu ageungna,boro-boro ngahaturnuhunkeun pan,malihanmah pami kirang nya ngadat nya dialungkeun deui acisna teh,tapi...ieu ge alhamdulilah,sok sanajan dipasihan acis jajana alit malahmah heunteu dipasihan pisan,aya keneh murangkalih urang nu ngucapkeun haturnuhun kasepuhna.
  4. Pami bada magrib kapungkurmah pan urang ngariung cempor dimasigit,ngadon ngaos ka akang ajengan,sumanget urang teukakalincesan kawas cempor,sanajan poek kunang obor,leueur kunang iteuk,ar ayeuna?Masigit tos ngempray,jalan ka masigitna ge malihanmah  ngabulungbung,tapi mssasigit teh jempling teuaya murangkalih ngaos,teukakuping murangkalih diajar ngejah,teras ngaos nadom,tapi ketang syukur alhamdulilah...tesadayana murangkalih kitu,aya keneh murangkalih nu teukagembang ku Filem nu keur meujeuhna rame na tivi,angkat ka masigit sok sanaos teuseueur,diajar ngaji sareng elmu pangaweruh sanesna.
Tah...eta sababaraha rupi atanapi hal nu ampir leungit tina adat sareng kabiasaan bihari,mudah-mudahan eta guaran janteun eunteung kangge urang sadayana,supados adat kabiasaan sae warisan kisunda teuleungit tina kahirupan incu-incu kisunda.
Haturnuhun!
Sampurasun!

Illustrasi gambar:Koleksi Pribadi
Pedaran diluhur,mangrupi pangeling-ngeling pikeun simkuring salaku Guru,nu gaduh kawajiban ngatik ngadidik murangkalih

Minggu, 30 April 2017

GURU PEMBELAJAR JILID DUA:"AKANKAH GPO ADA LAGI??"(CERITA PEMBEKALAN INSTRUKTUR NASIONAL BARU PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN JENJANG SD PROPINSI JAWA BARAT)




            Selamat datang di P4TK IPA Bandung,demikian sambutan pertama yang saya dapatkan ketika memasuki halaman Gedung P4TK IPA Bandung,setelah sebelumnya bertanya pada bapak-Bapak Security didepan pintu masuk,sepertinya perjalanan yang saya tempuh singkat padahal begitu panjang perjalanan yang saya tempuh sampai akhirnya sampai di Gedung P4TK IPA tersebut,begini cerita selengkapnya.
          Sekitar tanggal 25 April 2017 pukul 20.00 wib,saya terima telpon dari Oprator sekolah yang isi pembicaraannya memberitahukan bahwa saya harus mengikuti Diklat,saya sedikit bingung ketika berita itu disampaikan dikarenakan padatnya kegiatan di sekolah,anak-anak sedang mengikuti UKK Pemantapan untuk menghadapi Ujian Sekolah ,Persiapan anak didik saya mengikuti acara Pesta Siaga serta keberadaan saya selaku salah satu panitia penyelenggaraan Pesta siaga tersebut,yang Ishaallah akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 1 Mei 2017 di BPWC Cirata,yang diikuti oleh 3 Kwarran yaitu Kwarran Cipeundeuy,Kwarran Cikalongwetan Dan Kwarran Cipatat,yang termasuk kedalam wilayah dua,pada akhirnya dengan berat hati saya mengundurkan diri dari kepanitian tersebut.
        Namun dengan berbagai pertimbangan serta hasil diskusi dengan Pimpinan sekolah dalam hal ini Ibu Kepala Sekolah,yang memberikan izin tertulis,saya dengan lega mempersiapkan diri untuk mengikuti acara tersebut,dengan sebelumnya menitipkan semua kegiatan yang saya tinggalkan kepada Ibu Kepala Sekolah serta rekan-rekan kerja,terimakasih buat Ibu Kepala Sekolah beserta rekan-rekan kerja semuanya,yang telah mendukung kagiatan yang saya ikuti saat ini.
      Setelah semua persiapan beres,maka tanggal 27 April 2017,pukul 06.30 wib saya berangkat menuju lokasi,sengaja tidak bawa kendaraan,saya naik Angkutan Umum Trayek Cipeundeuy-Ciroyom,dari Terminal Ciroyom saya naik Angkot Ciroyom-Cicaheum,kemudian turun di depan Monumen Perjuangan Rakyat,kata bapak Sopir kalau Bapak mau Ke Gedung P4TK IPA,tinggal jalan saja sedikit.Pas turun kebingungan itu hinggap lagi,karena saya belum pernah mengikuti kegiatan yang lokasinya di P4TK IPA,keseringannya didaerah Lembang,akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada seorang Bapak yang belakangan diketahui bahwa dia Tukang Ojek,memang dia tahu persis gedung yang saya maksud,sambil dijalan beliau bercerita bahwa gedung itu dulunya bernama P3G kata beliau,wallahu 'alam benar tidaknya,yang jelas tidak lama kemudian saya sampai digedung tersebut dengan selamat dan lancar.Alhamduliah!
        Setelah turun saya memastikan bahwa saya telah sampai ketempat yang tepat,saya hampiri bapak security yang menyambut saya dengan ramah,dan beliau mengiyakan bahwa ini adalah gedung P4TK IPA,legalah hati ini,saya sampai kira-kira pukul 10.30 wib karena terjebak macet.
       Sesampainya diloby kemudian saya cek inn,saat itu belum banyak peserta yang datang,baru peserta dari kabupaten Karawang dan Kabupaten Kuningan,saya lihat didaftar cek inn ternyata teman-teman saya dari Kabupaten Bandung Barat belum tiba dilokasi,akhirnya saya putuskan untuk menempatkan teman sekabupaten di kamar yang sama yaitu dikamar 316 lantai 3 sebanyak 3 orang yaitu:
  1. Bpk AZ Hilman dari SDN Cikawung Kecamatan Cipongkor
  2. Bpk Ucup Supriatna dari SDN Neglasari Kecamatan Gununghalu
  3. Bpk Suherman Komara dari SDN 1 Ciraja Kecamatan Cipeundeuy
Acara tersebut diikuti oleh sekitar 114 Peserta  dari 22 Kabupaten/Kota se Propinsi Jawa Barat,yang dimulai dari:
     Hari,Tanggal: Kamis,27 April 2017
     Waktu           : Pukul 14.00 wib s.d.selesai
     Tempat         : Aula P4TK IPA Bandung,Jln Diponegoro No 12 Bandung 40115
     Check inn     : Pukul 12.00 wib 
Penutupan dilaksanakan pada:
     Hari,Tanggal: Sabtu,6 Mei 2017
     Waktu           : Pukul 10.45 wib s.d selesai
 Banyak manfaat yang saya peroleh dihari pertama sampai di Publieshnya tulisan ini:
  1. Banyak berkenalan dengan rekan-rekan seprofesi dari wilayah lain di Jawa Barat,banyak sharing dan diskusi edukatif dengan mereka 
  2. Banyak mendapat ilmu dan wawasan terutama dari Widiyaiswara yang memberi materi di kelas saya yaitu Kelas A yang terdiri dari Kabupaten Bandung Barat,Kabupaten Bandung,Kabupaten Cianjur,Kabupaten Garut dan Kabupaten Karawang.
  Kemudian maksud diselenggarakannya Pembekalan Instruktur Nasional Baru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini adalah untuk mempersiapkan calon Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
   Melalui kegiatan Pembekalan IN itu juga,banyak pertanyaan yang selama ini tidak terjawab,seperti:
  1. Akankah ada lagi yang namanya GPO?Jawabannya ternyata ada,hanya Programnya tidak lagi bernama GPO melainkan menjadi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
  2.  Pada Program PKB ini terdapat banyak revisi atas hasil evaluasi pelaksanaan GPO tahun yang lalu,jadi penyelenggaraan Program ini banyak perbedaannya,seperti yang saya kutip dari pemateri berikut ini melalui hasil Print Screen dari Laptop saya biar kelihatan Orisinil,jadi mohon izin buat P4TK materi saya Publikasikan dengan maksud berbagi manfaat,ini diantara point-point perubahannya:
 

  
Modulnya pun di revisi,seperti berikut:
FOTO-FOTO KEGIATAN PEMBEKALAN IN
26 APRIL-6 MEI 2017
DI P4TK IPA BANDUNG SE PROPINSI JAWA BARAT







 

Catatan:
  • Semua Foto Dokumen Pribadi
  • Isi tulisan sebagian hasil Pembekalan Penulis