Senin, 04 September 2017

KONSEP DESAIN GRAFIS DI KELAS


Menurut Wikipedia bahwa Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.
Apakah bisa Desain Grafis diaplikasikan dikelas?
Jawabannya tentu saja bisa!
Desain Grafis bisa diaplikasikan dalam Tata Kelola kelas,terutama dalam Tata letak dikelas,jika kita analogikan bahwa kelas adalah rumah kedua kita,maka layaknya kita kelola rumah begitupun kita kelola kelas.
Kita menjadi betah dan senang tinggal dirumah,itu karena kita dapat mengelola rumah dengan baik,dapat mengatur tata letak atau layout rumah dengan benar,dapat menempatkan SESUATU pada tempatnya yang layak,sehingga rumah menjadi nyaman dipandang,sejuk dilihat dan betah untuk ditinggali.
Nah...mari kita rubah desain kelas menjadi sebuah ruang tang enak dipandang mata,sejuk dilihat dan menjadikan kelas menjadi sebuah tempat yang betah ditempati penghuninya,ya gurunya juga oleh siswanya.
Dengan pengelolaan kelas yang baik dan tata letak desain grafis yang manis,diharapkan siswa menjadi nyaman belajar dan rindu untuk kembali kekelas.
Lalu,apa saja yang harus diatur Tata letaknya dikelas,berikut bahasannya:

A.Meja dan Kursi
Meja dan kursi,baik meja dan kursi siswa maupun meja dan kursi guru,harus diatur tata letaknya,guru bersama siswa,jangan takut untuk merubah tata letak meja dan kursi secara periodik,tentu saja dengan memperhatikan:
  • Kemudahan siswa dalam menjangkau berbagai sarana dan prasara pendukung kegiatan belajar mengajar seperti kapur tulis,dan alat-alat belajar yang lain
  • Memudahkan gerak dan langkah guru maupun siswa,guru dan siswa tidak terhalangi geraknya ketika akan bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain.
  • Memudahkan ketika guru dan siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.
  • Memudahkan ketika siswa bekerjasama dengan kelompok lain
Untuk Formasi tata letak meja dan kursi,kita bisa mencari referensi,misalnya:
FORMASI "U"
FORMASI LINGKARAN
FORMASI KONFERENSI

Illustrasi diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyak formasi tata letak meja dan kursi,atau ktaita bisa meenciptakan formasi sendiri yang disesuaikan dengan ketersediaan space kelas yang ada.

B.Hiasan Dinding
Hiasan dinding adalah suatu benda (Lukisan,Kerajinan,atau ganmbar edukatif lain),yang digunakan untuk menghias kelas agar lebih cantik dan lebih indah dipandang mata.
Hiasan dinding dikelas tentu berbeda dengan hiasan dinding yang ada dirumah,karena kalau dikelas harus memperhatikan faktor edukasinya disamping faktor estetikanya tentunya.
Hiasan dinding dikelas adalah produk hasil unjuk kerja siswa,yang dipajang atau ditempel didinding kelas,manfaatnya tentu saja ada,diantaranya:

  • Dengan ditempel atau dipajangnya hasil unjuk kerjanya dikelas,akan timbul rasa bangga atas hasil karyanya dan diharapkan juga dapat bangga dan menghargai hasil karya orang lain disekelilingnya.
  • Dapat memotivasi daya cipta maupun daya kreatifitas siswa
  • Menambah nilai estetika ruangan,oleh karena itu jangan sampai dengan adanya hiasan dinding malah menjadikan ruangan terkesan kumuh dan tidak teratur
  • Membuat betah penghuni kelas
C.Sarana dan Prasarana lain
Yang dimaksud dengan sarana dan prasarana lain disini adalah benda-benda lain penunjang kegiatan belajar dikelas seperti lemari,rak buku,alat peraga dan yang lainnya.
Pengelolaan dan tata letak sarana dan prasarana pun harus diperhatikan,baik dari segi mobilitas,interaksi,estetika maupun aksesibiitas siswa dan guru


Referensi:
  • Wikipedia
  • Foto koleksi pribadi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar