Kamis, 26 Oktober 2017

MATEMATIKA ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN PART 2:"PENJUMLAHAN BANYAK DIGIT (DUA BARIS)

PENDAHULUAN

"Pelajaran apa sekarang ya?"
Tanya seorang anak pada temannya.
"Matematika!"
Spontan anak yang bertanya tadi lunglay,begitu mendengar jawaban tersebut.
Kesan pelajaran Matematika yang horor,mungkin bukan cuma dirasakan oleh anak tersebut,perasaan tersebut bisa saja dirasakan oleh anak yang lain,selain hal tersebut,apalagi ditambah dengan sikap gurunya yang tidak sabaran,killer bahasa anak-anaknya,maka lengkaplah kesan pelajaran matematika yang horor,menyerakan dan menegangkan tersebut.
Berangkat dari itu,saya ingin berbagi sedikit pemahaman tentang pelajaran matematika,ketika mengikuti "Pelatihan AdiRESy Matematika SMART Indonesia yang diselenggarakan oleh AKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dan Yayasan Sadiluhung Nusantara (YPAN),bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat pada hari Selasa s/d Kamis,tanggal 17-19 Januari 2017 di Kabupaten Bandung Barat.
Kesimpulan dari pelatihan tersebut Matematika itu mudah dan gampang,berikut paparan pengalaman saat mengikuti pelatihan tersebut yang ingin saya bagikan kepada Bapak/Ibu guru atau orangtua siswa,sebagai acuan dalm membimbing pelajaran matematika putra putri bapak ibu dirumah.

MEMBONGKAR RAHASIA MATEMATIKA MENJADI LEBIH MUDAH DAN SANGAT MENYENANGKAN
2.PENJUMLAHAN BANYAK DIGIT (DUA BARIS)
Contoh:
1    2.   3
4    5    6  +
.............
Ini biasa kan anak pasti bisa menyelesaikannya,jawabannya adalah: 579 hasil dari:
1 + 4= 5
2 + 5= 7
3 + 6= 9
Nah,sekarang bagaimana jika menemukan soal ketika dijumlahkan kebawah hasilnya lebih dari sepuluh?
Contoh soal:
2 8 5 7 6
3 4 6 5 8  +
.............
Cara penyelesaian (perhatikan screenshot dibawah ini):


Penjelasan:

  • 2+3=5
  • 8+4=12 cara menyimpan hasil penjumlahan yang lebih dari 10 adalah simpan angka puluhannya agak tinggi dari bilangan yang lain (perhatikan screenshot cara menyimpan angka 12)
  • 5+6=11 simpan angka puluhannya agak tinggi dari bilangan yang lain (perhatikan screenshot cara menyimpan angka 11)
  • 7+5=12 simpan angka puluhannya agak tinggi dari bilangan yang lain (perhatikan screenshot cara menyimpan angka 12)
  • 6+8=14 simpan angka puluhannya agak tinggi dari bilangan yang lain (perhatikan screenshot cara menyimpan angka 14)
Langkah selanjutnya:
Tambahkan (perhatikan screenshot baris kedua dari bawah)
  • 5+1=6
  • 2+1=3
  • 1+1=2
  • 2+1=3
  •       =4



Kesimpulannya:
2 8 5 7 6
3 4 6 5 8  + hasil akhirnya adalah:
6 3 2 3 4
Bagaimana????
Mari sama-sama berlatih!

PENUTUP
Ucapan terimakasih untuk :
  1. AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System)
  2. Yayasab Adiluhung Nusantara (YPAN)
  3. Mas Andi Suryawan,S.Si (Pemateri dan Penulis buku Matematika Mudah atau Gampang),terimakasih buku dan ilmunya,izin ilmunya saya kutif dan berbagi dengan yang lain
  4. Mas Aji Rahmat Musyafa (Pemateri dan panulus buku 30 tepuk Islami,dan buku Belajar mudah dan cepat menghafal matematika,IPA,IPS,Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan metode bernyanyi,serta CD kumpulan lagu anak-anak "Permata Syurga")
  5. Semua pihak penyelenggara pelatihan yang tidak kami sebutkan satu persatu
Semoga ilmunya bermanfaat,khususnya untuk saya pribadi (sebagai alumni peserta pelatihan),umumnya untuk semuanya.
Jika ada kesalahan kutif dan redaksi penulisan,kami mohon maaf,tidak bermaksud seperti itu,semata kesalahan saya sebagai manusia.

Terimakasih


Referensi:
  • Buku Matematika mudah atau gampang? (Membongkar rahasia Matematika menjadi lebih mudah dan sangat menyenangkan),Penulis Mas Andi Suryawan,S.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar