Selasa, 05 September 2017

MODIFIKASI MENU RESEP PEDAGANG DIKELAS


Pedagang, sebuah kata yang familiar ditelinga kita,dimana-mana ada,dikampung dikota,dipelosok ditengah kota,dipasar maupun diterminal,bahkan dilingkungan sekolah sekalipun,mereka ada.
Boleh dong kita iri pada mereka,tapi bukan iri atas pendapatannya,melainkan iri atas kepiawaiannya memikat pembeli.
Iseng,saya perhatikan para pedagang yang berjualan disekitar sekolah,baik dari sisi sang pedagang maupun dari sisi sang pembeli:
Ini hasil ibservasinya:
  1. Mereka (Pedagang),datang sebelum calon pembeli (para siswa) datang
  2. Mereka (Pedagang),mepersiapkan barang dagangannya sebelum calon pembeli (para siswa) datang.
  3. Mereka (Pedagang) dengan ramah menawarkan barang dagangannya ketika calon pembeli menghampiri.
  4. Mereka (Pedagang),dikangenin sama calon pembeli,terbukti,begitu sang calon pembeli tiba, mereka langsung mengerubutin pedagang,seolah lupa bahwa mereka punya kewajiban bertugas membersihkan kelas.
Hebat kan?
Itu sebagian kecil,hal yang saya amati.
Lalu saya refleksikan hasil observasi sederhana tersebut,Bagaimana jika resep pedagang dalam mempersiapkan dan  melayani pembeli tersebut diaplikasikan dikelas,tentu saja setelah dimodipikasi disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berbeda.
Dan,ini hasil modifikasinya:
  1. Jika mereka (Pedagang),datang sebelum calon pembeli (para siswa) datang,kita pun sebagai guru,harus datang sebelum para siswa datang
  2. Jika mereka (Pedagang),mepersiapkan barang dagangannya sebelum calon pembeli (para siswa) datang,begitupun dengan kita (Guru),kita memang seharusnya mempersiapkan dan merencanakan Skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan esok hari.
  3. Jika mereka (Pedagang) dengan ramah menawarkan barang dagangannya ketika calon pembeli menghampiri, begitupun kita (Guru),kita harus ramah dalam membimbing para siswa,santun dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa,sehingga para siswa terpikat dan tertarik untuk belajar.
  4. Jika mereka (Pedagang),dikangenin sama calon pembeli,terbukti,begitu sang calon pembeli tiba, mereka langsung mengerubutin pedagang,seolah lupa bahwa mereka punya kewajiban bertugas membersihkan kelas,begitupun kita(Guru),buatlah hati para siswa selalu terpaut pada kita,sehingga kehadiran kita dikelas selalu dinanti dan dikangenin,para pedagang berusaha keras dengan berbagai cara untuk menarik calon pembeli, nah...hal tersebut juga dapat diterapkan dikelas,kitz (Guru),harus berusaha keras menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan.
Demikian bahasan singkat ini,mudah-mudahan bermanfaat,satu hal yang harus kita ingat,bahwa Belajar bisa dari siapa saja,darimana saja dan kapan saja.

Referensi:
Foto koleksi pribadi

Senin, 04 September 2017

KONSEP DESAIN GRAFIS DI KELAS


Menurut Wikipedia bahwa Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.
Apakah bisa Desain Grafis diaplikasikan dikelas?
Jawabannya tentu saja bisa!
Desain Grafis bisa diaplikasikan dalam Tata Kelola kelas,terutama dalam Tata letak dikelas,jika kita analogikan bahwa kelas adalah rumah kedua kita,maka layaknya kita kelola rumah begitupun kita kelola kelas.
Kita menjadi betah dan senang tinggal dirumah,itu karena kita dapat mengelola rumah dengan baik,dapat mengatur tata letak atau layout rumah dengan benar,dapat menempatkan SESUATU pada tempatnya yang layak,sehingga rumah menjadi nyaman dipandang,sejuk dilihat dan betah untuk ditinggali.
Nah...mari kita rubah desain kelas menjadi sebuah ruang tang enak dipandang mata,sejuk dilihat dan menjadikan kelas menjadi sebuah tempat yang betah ditempati penghuninya,ya gurunya juga oleh siswanya.
Dengan pengelolaan kelas yang baik dan tata letak desain grafis yang manis,diharapkan siswa menjadi nyaman belajar dan rindu untuk kembali kekelas.
Lalu,apa saja yang harus diatur Tata letaknya dikelas,berikut bahasannya:

A.Meja dan Kursi
Meja dan kursi,baik meja dan kursi siswa maupun meja dan kursi guru,harus diatur tata letaknya,guru bersama siswa,jangan takut untuk merubah tata letak meja dan kursi secara periodik,tentu saja dengan memperhatikan:
  • Kemudahan siswa dalam menjangkau berbagai sarana dan prasara pendukung kegiatan belajar mengajar seperti kapur tulis,dan alat-alat belajar yang lain
  • Memudahkan gerak dan langkah guru maupun siswa,guru dan siswa tidak terhalangi geraknya ketika akan bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain.
  • Memudahkan ketika guru dan siswa berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.
  • Memudahkan ketika siswa bekerjasama dengan kelompok lain
Untuk Formasi tata letak meja dan kursi,kita bisa mencari referensi,misalnya:
FORMASI "U"
FORMASI LINGKARAN
FORMASI KONFERENSI

Illustrasi diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyak formasi tata letak meja dan kursi,atau ktaita bisa meenciptakan formasi sendiri yang disesuaikan dengan ketersediaan space kelas yang ada.

B.Hiasan Dinding
Hiasan dinding adalah suatu benda (Lukisan,Kerajinan,atau ganmbar edukatif lain),yang digunakan untuk menghias kelas agar lebih cantik dan lebih indah dipandang mata.
Hiasan dinding dikelas tentu berbeda dengan hiasan dinding yang ada dirumah,karena kalau dikelas harus memperhatikan faktor edukasinya disamping faktor estetikanya tentunya.
Hiasan dinding dikelas adalah produk hasil unjuk kerja siswa,yang dipajang atau ditempel didinding kelas,manfaatnya tentu saja ada,diantaranya:

  • Dengan ditempel atau dipajangnya hasil unjuk kerjanya dikelas,akan timbul rasa bangga atas hasil karyanya dan diharapkan juga dapat bangga dan menghargai hasil karya orang lain disekelilingnya.
  • Dapat memotivasi daya cipta maupun daya kreatifitas siswa
  • Menambah nilai estetika ruangan,oleh karena itu jangan sampai dengan adanya hiasan dinding malah menjadikan ruangan terkesan kumuh dan tidak teratur
  • Membuat betah penghuni kelas
C.Sarana dan Prasarana lain
Yang dimaksud dengan sarana dan prasarana lain disini adalah benda-benda lain penunjang kegiatan belajar dikelas seperti lemari,rak buku,alat peraga dan yang lainnya.
Pengelolaan dan tata letak sarana dan prasarana pun harus diperhatikan,baik dari segi mobilitas,interaksi,estetika maupun aksesibiitas siswa dan guru


Referensi:
  • Wikipedia
  • Foto koleksi pribadi



Selasa, 01 Agustus 2017

NU AMPIR LEUNGIT

Sok rajeun nitenan,tingkah paripolah murangkalih ayeuna tipoe kapoe,timinggu kaminggu,tug nepika titaun kataun,asa..rosa parobihana teh,heug dibandingkeun sareng kahirupan urang dina lima dugi ka sapuluh taun kapengker,asa hariwang mung nyoreang katukang,mangsa simkuring keur jadi nonoman,tebih...pisan perbentenana,geura urang titenan hiji-hiji,anu dipimaksad kangge bahan renungan kangge urang sadayana,supados kin janten pangemut-ngemut ka urang sadayana,ampun paralun sanes maksad mapatahan ngojay kameri.
Kapungkur:

  1. Pami urang pendak sareng bapak kalih ibu guru,sok nyolongkrong ngasongkeun dua panangan ka marantena bari di cium panangan marantena teh,upami ayeuna kumaha cobi,boro-boro mayunan nyolongkrong bari salam,malih hare-hare,malihmah aya sabagian murangkalih nu kalah nyumput pan,komo tos rada ningkatmah sakolana di jenjang nu langkung luhur,isin ku kabogoh panginten nya,tapi parandene kitu,eta paripolah murangkalih kitu teh Alhamdulilah teusadayana kitu,aya keneh murangkalih urang nu paboro-boro hoyong salam ka bapak ibu guruna,mudah-mudahan sing neras,da eta kabiasaan teh sae teukedah janten robih kusabab sakola tos luhur,malihmah beuki luhur sakola atanapi elmuna kedah langkung depe-depe handap asor,langkung hormat tilawat kasaha wae,boh ka ibu bapa guru,ka sepuh,kasasama atanapi kasahandapeun,turutan elmu pare,anu makin eusian makin tungkul atanapi saur bahasa Nasionalna mah makin berisi makin merunduk,tah kitu nu kahiji,TATAKRAMA atanapi SOPAN SANTUN tos ngirangan tina hirup kumbuh barudak kiwari.
  2. Pami urang maksad natamu atanapi dipiwarang kawarung kusepuh urang kapungkur,pan urang mah sok unjuk salam,boh assalamualaikum atanapi punten,mangga titenan perbentenana sareng murangkalih ayeuna,pami kawarung ujug-ujug :"meser.....mang bi meser...",teu punten teu unjuk salam ka nu kagungan warung teh pan.Salajengna pami nuju mapah teras ngalangkungan hiji jalmi nu nuju ngariung ditepas atanapi dimana wae,eh...da sami eta ge,tara punten-punten acan,tapi...tina kituna,teusadayana murangkalih urang sapertos kitu,aya keneh nu sok unjuk salam atanapi permisi pami kawarung atanapi natangga,aya keneh murangkalih urang nu kersa Ngagalih Punten pami ngalangkungan batur,tah...mudah-mudahan kabiasaan ieu ge teuleungit tina adat kabiasaan urang,anak incu kisunda masih kersa nyebat Punten teuisin pedah zaman tos ngaglobal teuera pedah jaman geus moderen,palaur keuna kana paribasa JATI KASILIH KUJUNTI.
  3. Pami urang nampi naon wae tibatur,conto,ning kapungkurmah pami boboran teh sok silih kintun rantang ka tatanggi,urang pan dipiwarang ku sepuh kangge nyanggakeunana,apanan sok dipapatahan memeh angkat teh ku sepuh,urang kedah nyanggem haturnuhun pami nampi pamulang geulis titatanggi teh,tah...kecap HATURNUHUN teh asa jarang kakuping ku kiwari mah,contona nu sanesna,pami urang kapungkur bade angkat sakola teras dipasihan acis kangge jajan padahalmah teuageung eta acis teh,tapi panampian urang sakitu ageungna kasepuh,ngahaturkeun nuhun bari acong-acongan,mangga bandingkeun sareng kiwari,nalika murangkalih dipasihan kangge jajan nu sakitu ageungna,boro-boro ngahaturnuhunkeun pan,malihanmah pami kirang nya ngadat nya dialungkeun deui acisna teh,tapi...ieu ge alhamdulilah,sok sanajan dipasihan acis jajana alit malahmah heunteu dipasihan pisan,aya keneh murangkalih urang nu ngucapkeun haturnuhun kasepuhna.
  4. Pami bada magrib kapungkurmah pan urang ngariung cempor dimasigit,ngadon ngaos ka akang ajengan,sumanget urang teukakalincesan kawas cempor,sanajan poek kunang obor,leueur kunang iteuk,ar ayeuna?Masigit tos ngempray,jalan ka masigitna ge malihanmah  ngabulungbung,tapi mssasigit teh jempling teuaya murangkalih ngaos,teukakuping murangkalih diajar ngejah,teras ngaos nadom,tapi ketang syukur alhamdulilah...tesadayana murangkalih kitu,aya keneh murangkalih nu teukagembang ku Filem nu keur meujeuhna rame na tivi,angkat ka masigit sok sanaos teuseueur,diajar ngaji sareng elmu pangaweruh sanesna.
Tah...eta sababaraha rupi atanapi hal nu ampir leungit tina adat sareng kabiasaan bihari,mudah-mudahan eta guaran janteun eunteung kangge urang sadayana,supados adat kabiasaan sae warisan kisunda teuleungit tina kahirupan incu-incu kisunda.
Haturnuhun!
Sampurasun!

Illustrasi gambar:Koleksi Pribadi
Pedaran diluhur,mangrupi pangeling-ngeling pikeun simkuring salaku Guru,nu gaduh kawajiban ngatik ngadidik murangkalih

Minggu, 30 April 2017

GURU PEMBELAJAR JILID DUA:"AKANKAH GPO ADA LAGI??"(CERITA PEMBEKALAN INSTRUKTUR NASIONAL BARU PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN JENJANG SD PROPINSI JAWA BARAT)




            Selamat datang di P4TK IPA Bandung,demikian sambutan pertama yang saya dapatkan ketika memasuki halaman Gedung P4TK IPA Bandung,setelah sebelumnya bertanya pada bapak-Bapak Security didepan pintu masuk,sepertinya perjalanan yang saya tempuh singkat padahal begitu panjang perjalanan yang saya tempuh sampai akhirnya sampai di Gedung P4TK IPA tersebut,begini cerita selengkapnya.
          Sekitar tanggal 25 April 2017 pukul 20.00 wib,saya terima telpon dari Oprator sekolah yang isi pembicaraannya memberitahukan bahwa saya harus mengikuti Diklat,saya sedikit bingung ketika berita itu disampaikan dikarenakan padatnya kegiatan di sekolah,anak-anak sedang mengikuti UKK Pemantapan untuk menghadapi Ujian Sekolah ,Persiapan anak didik saya mengikuti acara Pesta Siaga serta keberadaan saya selaku salah satu panitia penyelenggaraan Pesta siaga tersebut,yang Ishaallah akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 1 Mei 2017 di BPWC Cirata,yang diikuti oleh 3 Kwarran yaitu Kwarran Cipeundeuy,Kwarran Cikalongwetan Dan Kwarran Cipatat,yang termasuk kedalam wilayah dua,pada akhirnya dengan berat hati saya mengundurkan diri dari kepanitian tersebut.
        Namun dengan berbagai pertimbangan serta hasil diskusi dengan Pimpinan sekolah dalam hal ini Ibu Kepala Sekolah,yang memberikan izin tertulis,saya dengan lega mempersiapkan diri untuk mengikuti acara tersebut,dengan sebelumnya menitipkan semua kegiatan yang saya tinggalkan kepada Ibu Kepala Sekolah serta rekan-rekan kerja,terimakasih buat Ibu Kepala Sekolah beserta rekan-rekan kerja semuanya,yang telah mendukung kagiatan yang saya ikuti saat ini.
      Setelah semua persiapan beres,maka tanggal 27 April 2017,pukul 06.30 wib saya berangkat menuju lokasi,sengaja tidak bawa kendaraan,saya naik Angkutan Umum Trayek Cipeundeuy-Ciroyom,dari Terminal Ciroyom saya naik Angkot Ciroyom-Cicaheum,kemudian turun di depan Monumen Perjuangan Rakyat,kata bapak Sopir kalau Bapak mau Ke Gedung P4TK IPA,tinggal jalan saja sedikit.Pas turun kebingungan itu hinggap lagi,karena saya belum pernah mengikuti kegiatan yang lokasinya di P4TK IPA,keseringannya didaerah Lembang,akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada seorang Bapak yang belakangan diketahui bahwa dia Tukang Ojek,memang dia tahu persis gedung yang saya maksud,sambil dijalan beliau bercerita bahwa gedung itu dulunya bernama P3G kata beliau,wallahu 'alam benar tidaknya,yang jelas tidak lama kemudian saya sampai digedung tersebut dengan selamat dan lancar.Alhamduliah!
        Setelah turun saya memastikan bahwa saya telah sampai ketempat yang tepat,saya hampiri bapak security yang menyambut saya dengan ramah,dan beliau mengiyakan bahwa ini adalah gedung P4TK IPA,legalah hati ini,saya sampai kira-kira pukul 10.30 wib karena terjebak macet.
       Sesampainya diloby kemudian saya cek inn,saat itu belum banyak peserta yang datang,baru peserta dari kabupaten Karawang dan Kabupaten Kuningan,saya lihat didaftar cek inn ternyata teman-teman saya dari Kabupaten Bandung Barat belum tiba dilokasi,akhirnya saya putuskan untuk menempatkan teman sekabupaten di kamar yang sama yaitu dikamar 316 lantai 3 sebanyak 3 orang yaitu:
  1. Bpk AZ Hilman dari SDN Cikawung Kecamatan Cipongkor
  2. Bpk Ucup Supriatna dari SDN Neglasari Kecamatan Gununghalu
  3. Bpk Suherman Komara dari SDN 1 Ciraja Kecamatan Cipeundeuy
Acara tersebut diikuti oleh sekitar 114 Peserta  dari 22 Kabupaten/Kota se Propinsi Jawa Barat,yang dimulai dari:
     Hari,Tanggal: Kamis,27 April 2017
     Waktu           : Pukul 14.00 wib s.d.selesai
     Tempat         : Aula P4TK IPA Bandung,Jln Diponegoro No 12 Bandung 40115
     Check inn     : Pukul 12.00 wib 
Penutupan dilaksanakan pada:
     Hari,Tanggal: Sabtu,6 Mei 2017
     Waktu           : Pukul 10.45 wib s.d selesai
 Banyak manfaat yang saya peroleh dihari pertama sampai di Publieshnya tulisan ini:
  1. Banyak berkenalan dengan rekan-rekan seprofesi dari wilayah lain di Jawa Barat,banyak sharing dan diskusi edukatif dengan mereka 
  2. Banyak mendapat ilmu dan wawasan terutama dari Widiyaiswara yang memberi materi di kelas saya yaitu Kelas A yang terdiri dari Kabupaten Bandung Barat,Kabupaten Bandung,Kabupaten Cianjur,Kabupaten Garut dan Kabupaten Karawang.
  Kemudian maksud diselenggarakannya Pembekalan Instruktur Nasional Baru Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini adalah untuk mempersiapkan calon Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
   Melalui kegiatan Pembekalan IN itu juga,banyak pertanyaan yang selama ini tidak terjawab,seperti:
  1. Akankah ada lagi yang namanya GPO?Jawabannya ternyata ada,hanya Programnya tidak lagi bernama GPO melainkan menjadi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
  2.  Pada Program PKB ini terdapat banyak revisi atas hasil evaluasi pelaksanaan GPO tahun yang lalu,jadi penyelenggaraan Program ini banyak perbedaannya,seperti yang saya kutip dari pemateri berikut ini melalui hasil Print Screen dari Laptop saya biar kelihatan Orisinil,jadi mohon izin buat P4TK materi saya Publikasikan dengan maksud berbagi manfaat,ini diantara point-point perubahannya:
 

  
Modulnya pun di revisi,seperti berikut:
FOTO-FOTO KEGIATAN PEMBEKALAN IN
26 APRIL-6 MEI 2017
DI P4TK IPA BANDUNG SE PROPINSI JAWA BARAT







 

Catatan:
  • Semua Foto Dokumen Pribadi
  • Isi tulisan sebagian hasil Pembekalan Penulis

Kamis, 30 Maret 2017

TUTOR SEBAYA



A.Pengertian Tutor Sebaya
    Tutor Sebaya terdiri dari dua kata,yaitu Tutor dan Sebaya,masing-masing kata mempunyai arti tersendiri.
   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),Tutor adalah (1) orang yang memberi pelajaran (membimbing) kepada seseorang atau sejumlah  kecil siswa,sedangkan sebaya adalah sama umurnya (tuanya).
   Jadi,jika kata Tutor dan kata sebaya digabungkan,menjadi kata Tutor sebaya,yang  menurut Akhmat Sudrajat (2011:140) bahwa Tutor Sebaya adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan seorang siswa kepada siswa lainnya yang salah satu siswa itu lebih memahami materi pembelajaran.
     Jelaslah bahwa Tutor Sebaya dilakukan oleh siswa yang sudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan dalam Kegiatan Pembelajaran kemudian membimbing temannya yang belum memahami materi yang disampaikan dalam KBM.
      Namun pada pelaksanaannya,terkadang ada hal yang terabaikan,diantaranya,Siswa dan Tutor dibiarkan berjalan sendiri tanpa arahan dan bimbingan.

B.Manfaat Mengaplikasikan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran
    Tutor Sebaya jika digunakan sebagai metode dalam Kegiatan Pembelajaran,tentu akan banyak manfaat dituai,baik untuk guru maupun untuk siswa itu sendiri,berikut manfaat pengaplikasian Metode Tutor Sebaya dalam kegiatan pembelajaran:
  • Bagi siswa
  1. Menghilangkan rasa canggung,terutama bagi siswa yang malu bertanya kepada Bapak atau Ibu Guru.
  2. Menambah keakraban dikelas
  3. Terlatih setia kawan
  4. Melatih keterbukaan,siswa akan belajar terbuka dengan masalah pembelajaran yang dihadapinya
  5. Mencairkan hubungan antar siswa,karena tidak menutup kemungkinan,ketika mereka bersosialisasi,timbul gesekan antar teman,dengan adanya model tutor sebaya,hubungan mereka dikelas dan dalam pergaulannya menjadi baik.
  • Bagi Tutor
  1. Lebih memahami materi pembelajaran
  2. Ilmunya bertambah,jelaslah bahwa ilmu yang telah kita ketahui dan kita pahami,tidak lantas hilang setelah diberikan kepada orang lain,melainkan terus bertambah dan bertambah.
  3. Belajar menjadi Guru,dengan menjadi Tutor mereka telah belajar menjadi guru,mereka sedikit demi sedikit memahami tugas berat seorang guru.
  4. Belajar sabar,dengan menjadi ,tutor perlahan-lahan mereka belajar sabar,karena ternyata membimbing siswa itu perlu kesabaran.
  5. Mengetahui keberagaman watak dan kemampuan
  6. Belajar ikhlas
  7. Belajar berbicara dan berkomunikasi
  8. Belajar bersosialisasi
  9. Memotivasi untuk lebih giat belajar
  10. Mengetahui bahwa kemampuan itu terbatas,mereka akan menemukan hal tersebut ketika mendapati pertanyaan yang tidak dapat dijawab.
  • Bagi Guru
  1. Mengefisienkan waktu,karena jika guru harus menjelaskan satu persatu kepada para siswa,tentu waktu yang dialokasikan tidaklah mencukupi,dengan dibantu oleh tutor sebaya,waktu menjadi efisien.
  2. Memberi ruang kepada siswa untuk mengembangkan potensi dirinya
  3. Melatih kemandirian siswa
  4. Sedikit meringankan beban kerja,diakui atau tidak Model Tutor Sebaya dapat meringankan beban kerja guru.
C.Kesimpulan
    Berdasarkan pembahasan diatas serta pengalaman nyata yang pénah penulis rasakan,bahwa:
  1. Model Tutor Sebaya ada baiknya dijadikan model alternatif dalam kegiatan pembelajaran dikelas
  2. Model Tutor Sebaya kaya manfaat,baik untuk Siswa,Tutor maupun Guru sendiri
    Tentu,jika Model Tutor Sebaya dijadikan sebagai model alternatif dalam pembelajaran,Guru tidak mengabaikan Tugas utamanya yaitu Membimbing dan Mengarahkan.
    



Daftar Pustaka
http://kamusbahasaindonesia.org/sebaya/mirip
Akhmat Sudrajat.2011.Kurikulum dan Pembelajaran Paradigma 
                                     Yogyakarta.Pramita
Sumber Foto:Dokumen Pribadi

Sabtu, 18 Maret 2017

GLOBALISASI DIANTARA DUA PILIHAN

GLOBALISASI DIANTARA DUA PILIHAN

a.Pendahuluan
   Menyaksikan perkembangan mental anak-anak di era global saat ini,sungguh miris,ada kekhawatiran tersendiri dengan perkembangannya,lihatlah: 
  1. Cara mereka berpakaian,tidak lagi memperhatikan etika dan norma 
  2. Cara mereka berbicara,baik dengan orangtuanya maupun dengan teman-teman dikomunitasnya,mereka berbicara tanpa etika dan sopan santun
  3. Cara mereka berhadapan dengan bapak dan ibu gurunya,tidak juga terlihat sopan dan santunnya.
   Memang tidak semua seperti itu,tapi hal semacam itu sudah bukan lagi menjadi rahasia umum,semuanya sudah melihat dan menyaksikan. 
      Apakah ini dampak globalisasi? 
   Diakui atau tidak,efek globalisasi telah memapar mental generasi kita.Arus globalisasi telah merasuk dengan cepat kedalam tubuh sebagian generasi muda kita,dampak globalisasi telah mengikis kepribadian dan jati diri sebagian generasi muda. 
     Kita tidak bisa menutup diri dari perkembangan global,kemajuan informasi dan teknologi demikian pesat berkembang,Internet yang merupakan bagian dari perkembangan dan kemajuan teknologi informasi telah memberi dampak sangat luas dan tanpa batas serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja. 
  Kewajiban kita semua untuk membekali generasi muda kita,agar dapat memfilter dampak globalisasi ini,dengan berbagai cara dan sesuai dengan kapasitas masing-masing. 
   Dirumah,orangtua bisa membimbing anak-anaknya ketika menonton media atau ketika mereka berselancar di dunia maya. 
  Disekolah,mereka bisa mendapatkan edukasi tentang cara berselancar yang sehat dan aman,sehingga mereka mengetahui dan memahami untuk tidak meng-klik situs-situs yang tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi dirinya. 
   Dilingkungan,lingkungan memberikan kontribusi juga terhadap perkembangan mental sosial generasi muda kita,karena dilingkungan akan tumbuh berbagai macam masalah dan pengaruh terpatri,baik dari teman-teman bermainnya maupun dari orang dewasa,oleh karena itu lingkungan harus memberi referensi positip sebagai tuntunan bagi generasi kita dalam bergaul dan bersosialisasi. 

b.Isi
  A.Pengertian Globalisasi menurut para ahli
   Secara Etimologi,istilah globalisasi diambil dari kata globalize yang mengacu pada kemunculan jaringan sistem sosial dan ekonomi berskala Internasional(1)
   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI bahwa glo'ba'li'sa'si n proses masuknya keruang lingkup dunia(2)  
     Berikut pendapat para ahli mengenai Globalisasi: 
  1. Roland Robertson,dosen sosiologi Universitas Aberdeen,salah satu penulis pertama dibidang globalisasi pada tahun 1992 sebagai "....pemadatan dunia dan pemerkayaan kesadaran dunia secara keseluruhan(3)
  2. Sosiolog Martin Albrow dan Elkzabeth King,mendefinisikan globalisasi sebagai "....semua proses yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal.(4)
  3. Di The Consequences of modernity,Anthony Giddens memakai definisi berikut :Globalisasi dapat diartikan sebagai intensipikasi hubungan sosial dunia yang menghubungkan tempat-tempat jauh sehingga peristiwa disuatu tempat dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi ditempat lain sekian kilometer jauhnya atau sebaliknya (5).
        Merujuk dari pendapat para ahli tersebut,bahwa globalisasi itu adalah kehidupan mendunia,yang jauh terasa dekat  seolah tidak terbatas ruang dan waktu.
       
  B.Dampak Globalisasi
        Setiap aspek kehidupan,sudah dapat dipastikan mempunyai dampak,baik itu dampak positip maupun dampak negatif,hal itu bukan berarti tidak dapat dihindari,kita dapat menghindarkan diri dari dampak yang sekiranya bertentangan dengan norma dan aturan,baik itu norma hukum,adat,agama maupun kebiasaan atau kearifan lokal.
            Globalisasi mempunyai dua dampak,ada yang positif dan ada pula yang negatif,tinggal kita bijak memilih dan memilah,mana yang baik dan mana yang tidak baik,karena yang baik akan memberi kontribusi positif bagi seluruh aspek kehidupan,begitupun sebaliknya,dampak negatif akan memberi kontribusi negatif terhadap seluruh aspek kehidupan.
              Berikut ini adalah sebagian dari dampak Globalisasi:
  1. Dampak Positif
  • Semangat kerja meningkat,Sportifitas tinggi dan suka bekerja keras
  • Kehidupan sosial Ekonomi masyarakat lebih meningkat,lebih baik  dan lebih Produktif.
  • Waktu lebih Efektif dan Efisien
  • Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
  • Mempermudah pemasaran Produk-Produk Lokal maupun Nasional
  • Membuka lapangan kerja
  • Mudah mengakses informasi
  • Meningkatkan angka kunjungan wisata,baik turis domestik maupun turis mancanegara
  • Meningkatkan pembangunan
  2.Dampak Negatif
  • Mudahnya akses melalui jejaring sosial,dan yang sejenisnya,memudahkan juga masuknya nilai-nilai budaya Barat masuk ke Indonesia dan tidak menutup kemungkinan lalu ditiru,
  • Lunturnya nilai-nilai dan semangat gotong royong.
  • Lunturnya semangat kekeluargaan
  • Berkurangnya rasa setiakawan dan rasa solidaritas
  • Berkurangnya kepedulian
  • Lebih individualistis
  • Semakin rusaknya lingkungan 
  • Angka Polutan tiap tahun meningkat
  • Lunturnya nilai-nilai Agama
  • Berubahnya gaya hidup
     Menyimak paparan diatas,semakin jelaslah dampak dari globalisasi,bahwa kita dihadapkan pada dua pilihan,yaitu dampak positif dan dampak negatif.
      Tentu kita akan memilih dampak positif dan menghindarkan diri dari dampak negatif,namun untuk generasi muda kita,hal demikian samar-samar mereka lihat,oleh karena itu kita berkewajiban:
  1. Memberikan edukasi akan dampak globalisasi
  2. Menanamkan spiritual keagamaan yang lebih intens
  3. Memberi tauladan dan panutan
  4. Membimbing dan mengarahkan kearah yang lebih baik
C.Kesimpulan
    Dengan memperhatikan uraian diatas,dapatlah kita simpulkan bahwa:
  1. Globalisasi telah melahirkan dampak terhadap semua aspek kehidupan,baik itu dampak positif maupun dampak negatif,diantara dua  pilihan dampak tersebut,tentulah dampak positif yang harus menjadi prioritas,karena dampak positif akan memberikan kontribusi positif.
  2. Diperlukan kerjasama yang terpadu antar semua elemen,seperti Keluarga,Lembaga Pendidikan,Lingkungan dan Pemerintah untuk memfilter perkembangan arus globalisasi ini,agar mereka faham dengan dampak globalisasi.

      Daftar Pustaka
  • (1) https://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
  • (2) http://www.kbbi.co.id/arti-kata/globalisasi
  • (3) Robertson,Rolland (1992)Globalization:social theory and global culture
  • (4)Albrow,Martin and Elizabeth King {eds}{1990}.Globalization,Knowledge and Society London:sage
  • (5)Giddens,Anthony.{1991}.The Consequences of Modernity Cambridge:Polity Press

Sabtu, 04 Maret 2017

"GURU",SEBUAH SEBUTAN YANG BERKARAKTER


Definisi Guru menurut UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,Pasal 1 ayat 1 adalah "Pendidik Profesional dengan tugas utama Mendidik,Mengajar,Membimbing,Mengarahkan,Melatih,Menilai,dan Mengevaluasi Peserta didik pada Pendidikan Anak Usia Dini,jalur Pendidikan Formal,Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah" Demikian mulya tugas utama guru itu,namun saya akan melihat Guru dari Persfektif lain. Familiar kita dengar,ada ungkapan yang mengatakan bahwa Guru itu sosok yang harus diGugu dan ditiRU,dua ungkapan yang menggabungkan dua bahasa yaitu bahasa daerah dan bahasa Nasional,Kata tersebut terdapat pada bahasa daerah Sunda dan juga Jawa pada umumnya,namun terlepas dari semua itu kita lihat nilai Filosofisnya,yang begitu dalam dan penuh makna,Guru harus digugu dan ditiru,atau guru digugu lan ditiru (mohon maaf jika salah menulis). 1.Digugu Digugu artinya dipatuhi,dipatuhi dalam hal apa?Jawabannya adalah semua ucapan atau perkataannya,oleh karena itu ucapan dan perkataan seorang Guru haruslah baik dan benar,baik menurut Aturan pengucapan atau undak usuk bahasanya,BENAR menurut Norma dan aturannya.Jika ucapan dan perkataan Guru sudah BAIK dan BENAR,insyaalah siswa-siswi kitapun akan menjadi siswa-siswi yang Patuh,Patuh pada gurunya,patuh pada kedua orangtuanya serta patuh pada aturan dan Norma,pada akhirnya semua bermuara pada Patuhnya seorang warga Negara pada Negara tercintanya,begitu luas efek samping dari ucapan dan perkataan seorang Guru,mudah-mudahan...! 2.Ditiru Ditiru artinya dicontoh atau ditauladani,dicontoh dalam hal apa?Diantaranya dicontoh dalam hal Perbuatannya atau Tingkah Paripolahna menurut bahasa Sundanya.Oleh karena itu Perbuatan seorang Guru haruslah mencerminkan perbuatan yang baik dan benar,agar dapat ditiru dan dicontoh menjadi sesuatu yang BAIK. Berat memang menjadi seseorang yang ideal,tapi tetaplah berusaha,agar kita sebagai seorang Guru yang akan tetap dan terus digugu dan ditiru. Jika ada pertanyan,masihkah ada?Jawabannya insyaallah ada,sepanjang Guru tetap pada koridor aturan dan Kode Etik,tugas kita menjawab pertanyaan tersebut,tugas kita semua menjawab keraguan tersebut,agar orang tidak lagi bertanya dan ragu seperti itu. Dari uraian singkat diatas,jelaslah bahwa sebutan "GURU"adalah sebutan yang berkarakter. Hidup Guru Indonesia! Tetaplah berusaha menjadi sosok yang "DIGUGU DAN DITIRU" Dari "Oemar Bakrie" Untuku dan Oemar Bakrie yang lain Mudah-mudahan ada guna dan manfaat Mohon maaf atas kekurangan (Oemar Bakrie belajar nulis)