Senin, 26 September 2016

GURU PEMBELAJAR?(MOTIVASI DAN REFLEKSI UNTUKKU)




Guru Pembelajar?
Pertanyaannya terdengar singkat dan tegas!
Akhir-akhir ini,pertanyaan itu,sangat Familiar terdengar,setelah diluncurkannya program tersebut,sebagai tindak lanjut dari hasil UKG 2015.
Dan...jawaban dari pertanyaan itu,langsung tertuju pada sebuah kegiatan pembelajaran,yang banyak tugas,baik mengerjakan LK maupun membaca modul,kegiatan yang harus stanbye didepan Perangkat IT,baik PC maupun Android,kegiatan yang memerlukan kuota internet yang tidak boleh kempis alias kuotanya harus selalu tampak gendut terisi,dan banyak lagi bayangan lainnya,yang notabene dianggap memberatkan,benarkah?
Baiklah,kalau begitu mari kita pahami dulu,apa itu Guru Pembelajar (GP),apa hubungannya GP dengan Konsep Belajar menurut Agama,untuk apa tujuan diadakannya GP,serta bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul ketika kita berkegiatan dalam GP,semuanya akan saya bahas sampai tuntas,semata-mata dengan maksud sebagai motivasi dan refleksi bagi saya pribadi,andai sedikit ada manfaat bagi bapak dan ibu guru,saya sangat bersyukur.

1.APA ITU GURU PEMBELAJAR (GP)
      Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Bapak Anis Baswedan saat itu),Guru Pembelajar adalah Guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan (upgrade) diri setiap saat dan dimanapun,guru terus mengembangkan diri bukan untuk Pemerintah ataupun Kepala Sekolah,tapi memang sejatinya setiap guru atau pendidik adalah pembelajar.
              Dalam hal ini,sebenarnya sudah bapak dan ibu guru lakukan setiap saat,sebagai contoh,sebelum kita mengajar,kita terlebih dahulu mempersiapkan dulu materi serta peraga pendukung lainnya sesuai dengan jadwal yang telah disusun pada program pembelajaran,itu juga apilkasi dari Guru Pembelajar.
Contoh lain,guru juga manusia biasa bukan manusia super yang serba bisa,sesekali ada saja hambatan dan msalah yang dihadapi,lalu kita diskusi dengan teman sejawat baik ditempat kita kerja maupun dalam kegiatan KKG atau mencari referensi di internet,itu juga bagian dari  prinsip Guru Pembelajar.
                Didepan kelas,terkadang kita merasa  paling jago,paling bisa dan perasaan yang lain,wajar jika perasaan itu hadir,kenapa perasaan itu ada,karena itu adalah efek dari persiapan yang kita lakukan sebelumnya,ternyata diakui atau tidak,secara tidak langsung bahwa jika kita Belajar,ada perasaan siap,percaya diri dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar,namun sebaliknya jika kita tidak mempersiapkan diri sebelumnya alias tidak belajar sebelumnya,kita merasa tidak siap dalam melaksanakan KBM,kita merasa kurang Percaya diri dalam menyampaikan materi,jadi jelaslah Belajar berperan penting dalam semua kegiatan kita sebagai guru.
Terkadang,kita (maaf:saya),lupa,ketika saya setiap saat selalu memberi petuah dan nasihat kepada anak-anak,untuk jangan lupa BELAJAR,saya sendiri terkadang lupa bahwa nasihat itu juga berlaku untuk saya pribadi,berlaku untuk kita semua.

2.KONSEP BELAJAR MENURUT ISLAM
     Rasulullah SAW bersabda:"Mencari ilmu (belajar),wajib hukumnya bagi setiap orang muslim!"
Berawal dari Sabda Rasul tersebut,jelaslah bahwa uBelajar merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan,begitu pentingnya belajar hingga Rasul yang mulya bersabda seperti itu,kita sebagai pengikutnya,wajib melaksanakan sabdanya.
Dengan belajar,manusia dapat mengerti akan dirinya serta lingkungannya,dengan belajar manusia menjadi tahu akan tugas dan kewajibannya,dengan belajar manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang bathil,mana yang boleh dan mana yang tidak boleh,dengan belajar wawasan keilmuan kita akan bertambah,dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu,dari yang tidak bisa menjadi bisa dan seribu satu macam manfaat yang lain dari belajar.
Belajar itu sepanjang hayat (Life long learning)yaitu suatu konsep belajar yang terus menerus dan berkesinambungan (Continuing Learning)

3. MANFAAT PROGRAM GURU PEMBELAJAR

  1. Meningkatkan Kompetensi
  2. Menambah wawasan
  3. Media Introspeksi,Motivasi,Refleksi dan Edukasi
4.TIPS SEDERHANA MENGHADAPI GP
       Tidak usah cemas dalam melaksanakan segala macam tugas,jika menemukan kesulitan,kita bisa menghubungi mentor,teman dan sahabat,kita bisa Vcall dengan teman-teman,kita bisa bertanya pada rekan kerja,teman dan sahabat dekat,bisa juga kita mencari referensi di dunia maya,contohnya Facebook,banyak akun-akun Facebook yang bertajuk guru pembelajar,jadi tidak ada alasan untuk bermuram durja,takut tidak bisa,serta seribu satu macam ketakutan yang lain,yang hanya buang-buang energi,lebih baik energi tersebut kita gunakan untuk memulai BELAJAR mengikuti program GURU PEMBELAJAR!
Selamat belajar!
Salam Guru Pembelajar!
Berhenti Belajar,sama artinya dengan berhenti Mengajar!
Terimakasih atas kunjungannya,semoga tulisan sederhana ini ada guna dan manfaat,walaupun niat awalnya semua hanya sebatas motivasi dan Refleksi untukku!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar