Kamis, 08 September 2016

"CAGEUR,BAGEUR,BENER,PINTER,SINGER",PENDIDIKAN KARAKTER ALA KI SUNDA

Pendidikan Karakter sudah demikian Familiar ditelinga kita,apalagi dikalangan dunia pendidikan,lalu apa itu Pendidikan Karakter?
Berikut pendapat para ahli mengenai Pendidikan Karakter:
  1. Karakter berarti sifat-sifat kejiwaan,ahlak patau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain;tabi'at;watak(1)
  2. Pendikan Karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukan bagi generasi selanjutnya(2).
Ada dua kebajikan Fundamental yang dibutuhkan untuk membentuk karakter yang baik,yaitu:Rasa hormat (respect) dan tanggungjawab (responsibility)(3)
Namun,disamping pendapat para ahli tersebut,sebenarnya kita sudah lama memiliki kearifan lokal di Tatar Pasundan,yang ada korelasinya dengan Pendidikan Karakter,yaitu:
  1. CAGEUR,Kata CAGEUR sinonimnya adalah SEHAT,sehat dalam arti yang Paripurna,bukan hanya sekedar sehat Fisik dan "Pesak",akan tetapi kita harus sehat dalam berpikir,sehat dalam mengeluarkan pendapat,sehat lahir dan bathin,sehat prilaku moralnya,sehat dalam segala macam "Tingkah Polah dan Perkataan".
  2. BAGEUR searti dengan Baik hati,dalam aplikasinya,oranga yang baik hati adalah selalu sayang sama keluarga,sayang sama sesama,mempunyai moril yang terpuji,selalu memberi dengan ikhlas,dansebagainya.
  3. BENER padanan katanya adalah Jujur,tidak pernah bohong.Kita harus jujur dalam segala aspek,jujur dikantor,dirumah,dilingkungan,jujur jadi pemimpin,jujur jadi guru atau Jujur jadi apapun sesuai dengan jabatan kita.
  4. PINTER yaitu PANDAI,pandai dalam ilmu,baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat,pandai adaftasi dengan lingkungan sosialnya,pandai mengatasi dan menyelesaikan masalbah,dan lain sebagainya.
  5. SINGER yaitu CEKATAN,Cekatan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban,tidak menunda-nunda pekerjaan,selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi,dan sebagainya.
Demikanlah Lima kearifan lokal ala kisunda,sebagai pedoman dalam mengembangkan Pendidikan Karakter yang digali  dari Filosopi Pendidikan Sunda Buhun,guna mencapai tujuan Pendidikan Karakter yaitu untuk membentuk penyempurnaan dari individu  secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik,mudah-mudahan watak Budaya Lokal ini dapat memperkaya Budaya Nasional.


Catatan:
Thomas Lickona  adalah seorang ahli Psykologi Perkembangan dan Profesor Pendidikan dari State Universiry Of Newyork di Cortland juga Penulis buku Educating For Character.
-Pesak Pisik (bhs Sunda)=Keuangan dan Jasmani
-Tingjah Polah (bhs Sunda)=Kelakuan

Endnotes:

  1. Wikipedia https://id.m.wikipedia.org
  2. Wikipedia https://id.m.wikipedia.org
  3. Lickona 1991:43






Tidak ada komentar:

Posting Komentar