Jumat, 23 September 2016

MENGENAL DAN MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

   Dari judul artikel diatas,yaitu "Mengenal dan Memahami Karakter Peserta Didik",mengapa kata "Mengenal" disimpan diawal judul?Pertanyaan ini senada dengan pertanyaan,"Telur dulu apa ayam dulu?"
Sering kan kita mendengar pertanyaan selorohan seperti itu,jawabannya tidak ada habisnya,membuat kita jadi pusing.
Namun,pertanyaan mana yang lebih dulu,mengenal atau memahami ,jawabannya tidak serumit pertanyaan ayam dan telur.Kita hanya perlu memahami bahwa sebelum kita memahami karakter peserta didik,tentu saja kita harus mengenal terlebih dahulu karakter peserta didik,hal ini selaras dengan ungkapan tak kenal maka tak sayang,ini pun sama,tak kenal maka tak paham.
Lalu,apa itu Karakter?
Karakter adalah sifat,watak,tabiat yang ada dalam diri seseorang yang merupakan ciri khas individu tersebut.
Karakter seseorang tumbuh dan berkembang setelah melalui proses belajar,baik belajar dari lingkungan keluarga,sekolah maupun lingkungan sosial dimana individu itu tinggal,jadi lingkungan sekolah,lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial,bisa memapar pada pembentukan karakter individu,oleh karena itu Ajaran Agama telah mengisyaratkan,bahwa sebaiknya kita bergaul dengan orang-orang baik dan orang soleh,agar karakter kita menjadi baik dan soleh.

1.BAGAIMANA MENGENAL KARATERISTIK PESERTA DIDIK

A.Beri instrumen isian
   Instrumen isian ini,biasa bapak dan ibu lakukan,ketika awal tahun pelajaran,yaitu ketika mengisi identitas siswa pada buku daftar kelas.
Pada buku daftar kelas tersebut,terdapat identitas siswa seperti:Nomor Induk Siswa,baik NISN maupun Nomor Induk pada Stambuk sekolah,Nama Siswa berikut tanggal lahir,nama orangtua,alamat tempat tinggal serta dengan siapa anak tersebut tinggal,kemudian ada juga identitas tentang Hobi dan minat siswa,dan lain sebagainya.

B.Kunjungan rumah
    Setelah semua data siswa lengkap terisi,selanjutnya adalah kroscek kebenaran dari data isian yang diberikan siswa,caranya bisa dengan kunjungan rumah.Kunjungan rumah bisa berfungsi ganda,selain kita kroscek kebenaran data tentang siswa,Guru juga bisa bersilaturahmi dan Komunikasi dengan orangtua siswa,dengan komunikasi,guru akan lebih banyak memiliki informasi tentang karakter peserta didiknya.

C.Kenali siswa lebih dalam
    Mengenal siswa lebih dalam,memang memerlukan proses serta waktu yang panjang,tidak semudah membalik telapak tangan.
     Untuk mengenali siswa lebih dalam,guru bisa menggunakan beberapa instrumen yang dinilai cocok dengan siswa yang bersangkutan,misalnya: Wawancara,bertanya mengenai hal pribadi,tentang bakat dan minat,dan lain sebagainya.

D.Menjadi sahabat terbaiknya
    Guru memang multifungsi,selain menjadi guru,juga bisa menjadi teman dan sahabat,dengan pendekatan sebagai teman diharapkan siswa tidak sungkan dan ragu untuk berkomunikasi,menyampaikan keluh kesah dan unek-unek,dengan menjadi teman,guru bisa memasuki dunia mereka,menyelaminya,pada akhirnya mudah-mudahan menjadi media untuk lebih mengenali karakter peserta didik.
    Setelah guru mengenal karakteristik peserta didik,maka guru akan memahami karakter peserta didiknya,walaupun memerlukan proses serta waktu yang panjang.

2.APA MANFAAT MENGENAL DAN MEMAHAMI KARAKTER PESERTA DIDIK?
Berikut Manfaat mengenal dan memahami karakter peserta didik:

A.Mengorganisir Kelas
   Ketrampilan dalam mengorganisir atau mengelola kelas,erat kaitannya dengan karakter peserta didik,karena kalau guru tidak mengenal karakter peserta didik,guru akan kesulitan dalam pengeloalaan kelas,jika itu terjadi, maka kegagalan dalam proses kegiatan belajar mengajar,akan menjadi mimpi buruk,oleh karena itu,kenali,pahami,karakter peserta didik,agar dapat menciptakan sebuah strategi yang jitu sebagai penunjang keberhasilan dalam pembelajaran.

B.Memberikan pelayanan pada siswa
Maksudnya adalah bahwa dengan mengenal karakter peserta didik,guru dapat memberikan pelayanan yang optimal didalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan karakter peserta didik masing-masing.Guru dapat dengan mudah menerapkan metode serta pendekatan pembelajaran yang sesuai,guru tidak akan menemukan kendala ketika akan membuat rumusan skenario pembelajaran.

C.Untuk Mengatasi dan mengantisipasi   masalah
  Tentu,masalah tersebut adalah yang dominan berkaitan dengan pembelajaran,jika guru menemukan kendala,maka guru sudah tahu cara mengatasi masalah tersebut.
Masalah yang lain juga tentu akan bisa diantisipasi dan diatasi oleh guru,tidak hanya sebatas masalah kegiatan pembelajaran,akan tetapi juga masalah sosial siswa yang sering timbul diantara pergaulan sosial mereka dilingkungan sekolah,misalnya bertengkar dengan teman,salah paham dengan teman dan lain sebagainya,atau...lebih jauh lagi,ketika guru mendapati siswa yang mempunyai masalah dirumah,guru bisa berperan sebagai Psikolog,untuk memberikan motivasi,solusi serta sugesti jitu,mengatasi permasalahannya.

D.Untuk Koordinasi dan Komunikkasi
   Maksudnya adalah ketika guru menghadapi sebuah Problem yang berkaitan dengan peserta didik ,guru bisa berkoordinasi dan berkomunikasi,baik dengan orangtua siswa maupun dengan pimpinan sekolah.
Komunikasi dan Koordinasi dimaksudkan untuk mencari solusi,dari masalah yang tidak bisa dipecahkan sendiri,dalam hal ini transfaransi seorang guru dituntut,guru harus terbuka menerima saran dan kritik,guru harus membuka diri demi kebaikan peserta didik dan Sekolah.

  Demikianlah,sekilas tentang bagaimana mengenal dan memahami karakteristik peserta didik,mudah-mudahan berguna dan bermanfaat,untuk mengembangkan pola pikir serta pola tindak guru dalam kegiatan belajar mengajar.


2 komentar:

  1. tulisan anda betul2 inspiratif...saya senang membacanya...sangat bermanfaat untuk sesama pendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, terimakasih Bu Lat masukannya, insyaallah memotivasi saya juga untuk terus menulis dan berbagi

      Hapus