Jumat, 06 Oktober 2017

PANYARAM KISUNDA


Sampurasun
Naon ari Panyaram teh mang?
Panyaram teh Panyarek alo,atanapi "Larangan yang tidak boleh dilakukan",itu kalau kita traslat kedalam bahasa Nasional.
Seueur panyaram nu pernah kakuping atanapi pernah kaalaman kuurang sadayana,terutami ti sepuh-sepuh urang kapungkur,kalimahna pinuh ku siloka,pinuh ku muatan karakter.
Mung,simkuring sakedik prihatin,saupami pitutur sepuh kapungkur,didugikeun ka murangkalih zaman kiwari,rungah ringeuh nalika ngupingna ge,tah...dumasar kana hal eta,simkuring sasieureun sabeunyeureun,ngempel-ngempel pituah sepuh,manawa sareng manawi tiasa sakedik ngabantos,supado para nonoman teupareumeun obor.
Mangga diuningaan,sabagiam alit panyaram-panyaram sepuh urang,inshaallah ku simkuring dihartoeskeun kana bahasa Indonesia,sapertos dihandap ieu:
  1. Ulah beurat birit artinya jangan susah melakukannya kalau kita disuruh (perintah yang sifatnya baik
  2. Ulah hampang leungeun artinya jangan mudah memukul atau melakukan tindak kekerasan kepada orang lain maupun keluarga kita
  3. Ulah laer biwir artinya jangan mudah menceritakan aib atau kesalahan orang lain,keluarga maupun kesalahan diri kita
  4. Uah unggut kalinduan tong gedag kaanginana artinya hzus teguh pendirian
  5. Ulah pahilir hilir leuwi pagirang girang tampian atinya harus bersatu jangan bercerai berai
  6. Ulah kumeok memeh dipacok artinya jangan kalah sebelum bertanding
  7. Ulah panjang leungeun artinya jangan suka mencuri atau mengambil barang orang lain
  8. Ulah dugika jati kasilih ku junti artinya jangan melupakan jati diri kita
  9. Ulah careraman artinya jangan celamitan dengan barang atau sesuatu yang bukan milik kita
  10. Ulah diuk dina lawang panto artinya jangan diam ditempat yang sekiranya dapat mengganggu orang lain
  11. Ulah haripeut ku teuteureuyeun artinya jangan senang dulu saat kita mendapat rizki yang tidak jelas
  12. Ulah ngumbar amarah artinya jangan mengumbar napsu
  13. Ulah sirik pidik jail kaniyaya artinya jangan sirik sama orang lain
  14. Ulah pupulur memeh mantun artinya jangan dulu minta upah sebelum tugasnya selesai dikerjakan
  15. Ulah poho kana temah wadi artinya jangan lupa diri
  16. Ulah adigung adiguna artinya janan sombong
  17. Ulah nyolok mata buncelik artinya jangan mempersulit orang yang sedang susah
  18. Ulah ngaliarkeun taleus ateul artinya jangan menyebarluaskan aib orang lain
  19. Ulah lunca linci udar tina tali gadang artinya harus komitmen atau menepai janji atai kesepakatan yang telah dibuat
  20. Ulah poho kana purwadaksi artinya jangan lupa sarimana kita berasal
  21. Ulah getas harupateun artinya jangan terburu-buru dalam memutus suatu perkara
  22. Ulah biwir nyiru rombengeun artinya jangan menceritakan aib atau kejelekan orang lain

Aya keneh??
Mangga tambihan

Sabtu, 30 September 2017

PAKAKAS DAPUR ZAMAN BAHEULA:PANCARAKEN

Pancaraken,apa yah....?
Aneh,baru dengar!
Begitu kira-kira,illustrasi ketika saya bertanya kepada anak didik saya saat pelajaran bahasa sunda berlangsung,dan...jadilah sebuah bahasan yang menggelitik,karena ternyatadi era digital ini ada sebagian anak,tidak mengetahui perkakas dapur tempo dulu,serta menginspirasi saya untuk memposting artikel tentang PANCARAKEN tersebut.
Sengaja saya kemas pengantarnya dalam bahasa Nasional serta didalamnya jika menyebutkan sesuatu dalam bahasa sunda akan saya terjemahkan juga dalam bahasa Nasional,mudah-mudahan dapat membantu saudara-saudara kita yang belum memahami bahasa sunda.
Pancaraken (Bahasa sunda) adalah macam-macam perkakas dapur.
Berikut macam-macam perkakas dapur (Pancaraken) tradisional tempo doeloe,berikut gambarnya:

1.Ayakan (Bahasa Sunda)=  
  • Bahan terbuat dari bambu yang dianyam
  • Kegunaan untuk:
  1. Mengambil ikan kecil dari empang atau sungai
  2. Menjemur biji mentimun atau biji labubiasanya ayakan yang dipakai agak sedikit rapat anyamannya dimaksudkan agar bijinya tidak berjatuhan dan airnya mengalir melalui celah-celahnya.


2.Boboko (Bahasa Sunda)=Bakul nasi (Bahasa Indonesua)
  • Bahan terbuat Bambu yang dianyam
  • Kegunaan untuk:
  1. Menyimpan nasi


3.Jojodog (Bahasa Sunda)=
  • Bahan terbuat dari papan kayu yang disambung memakai paku
  • Kegunaan untuk:
  1. Duduk


4.Talenan (Bahasa Sunda)=Sengkalan (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari potongan papan kayu yang keras
  • Kegunaan untuk:
  1. Mengiris bumbu dapur,seperti bawang
  2. Mencincang daging


5.Dulang (Bahasa Sunda)=
  • Bahan terbuat dari Kayu yang keras,seperti kayu pohon nangkayang dipahat berlubang dengan model lebar keatas dan lancip atau makin kecil kebawah sebagai dudukannya
  • Kegunaan untuk:
  1. Memblak balik nasi (ngakeul dalam bahasa sundanya)
  2. Membuat uli,sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan.


6.Kastrol (Bahasa Sunda)=Kastrol
  • Bahan terbuat dari besi atau baja
  • Kegunaan untuk:
  1. Membuat nasi liwet


7.Langseng (Bahasa Sunda)=Langseng (Bahasa Indonesia)

  • Bahan terbuat dari aluminium
  • Kegunaan untuk:
  1. Memasak air
  2. Memasak nasi

8.Lulumpang (Bahasa Sunda)=Lumpang (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kayu keras 
  • Kegunaan untuk:
  1. Membuat rujak uleg
  2. Enumbuk bumbu


9.Pangarih (Bahasa Sunda)=Cukil (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kayu keras
  • Kegunaan untuk:
  1. Membolak balik nasi (ngakeul bahasa sundanya)


10.Hawu (Bahasa Sunda)=Tungku api/Perapian (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari tanah
  • Kegunaan untuk:
  1. Membakar kayu bakar untuk menanak nasi atau olahan yang lainnya

11.Parud (Bahasa Sunda)=Parut (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kaleng,yang diberi lubang dengan paku,kemudian diberi bingkai dari kayu untuk pegangan dan dudukan
  • Kegunaan untuk:
  1. Memarut kelapa,atau bumbu masakan lainnya seperti kunyit


12.Halu (Bahasa Sunda)=Alu (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kayu yang keras
  • Kegunaan untuk:
  1. Menumbuk padi,kopi 
  2. Memmbuat uli



 13.Songsong (Bahasa Sunda)=

  • Bahan terbuat dari ruasan bambu
  • Kegunaan untuk:
  1. Meniup perapian ditungku (hawu)

14.Mutu (Bahasa Sunda)=Ulekan (Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kayu atau batu
  • Kegunaan untuk:
  1. Mengulek bumbu dapur
  2. Mengulek sambal


15.Coet(Bahasa Sunda)=Cobek Bahasa Indonesia)
  • Bahan terbuat dari kayu atau batu
  • Kegunaan untuk:
  1. Ngulek bumbu
  2. Ngulek sambal
  3. Ngulek bumbu petis



 16.Seeng (Bahasa Sunda)=Dandang (Bahasa Indonesia)

  • Bahan terbuat dari aluminium
  • Kegunaan untuk:
  1. Menyangga benda yang digunakan ketika menanank nasi

17.Nyiru (Bahasa Sunda)=Tampi (Bahasa Indonesia
  • Bahan terbuat dari anyaman bambu
  • Kegunaan untuk:
  1. Menampi beras

Kamis, 28 September 2017

NGABEDAHKEUN

Sampurasun
Pikeun urang lemburmah,kecap NGABEDAHKEUN teh jigahna teuasing deui,kitu ge ketang keur urang lembur bahula,da dilembur ge ayeunamah,jarang aya nu ngabedahkeun teh,malahanmah mun sakalieun nanya kabudak ayeuna,rungah ringeuh,teuapaleun.
Ngabedahkeun teh nyaeta ngaboborkeun cai balong,nepika tinggal saeutik,nu diharep,supaya laukna teuhese dialana.
Ngabedahkeun zaman baheula biasana identik jeung lebaran,pangpangna lebaran idhul fitri da ari lebaran Rayagungmah jarang dibedahkeun balong teh.
Poe ngabedahkeuna,biasana mun isukan lebaran,tah poe ayeuna ngabedahkeun teh,bareng jeung poe kuramas.
Kabayang keneh,ba'da subuh teh geus mimiti disaatan,kuluwung na dibuka,terus disaring ku ayakan,supaya laukna teumilu palid kasolokan.
Rada beurang saeutik,nu lalajo geus pinuh dina galengan empang,lalajo nu boga empang nyiukan lauk,kayaning lauk mujaer can aya baheulamah lauk nila,terus lauk Tamakang katut Lele,meni opyak katempona ngarumpul na sirib,gubay-geboy lauk emasna dipirig ku tabeuhan dulag,waraas,can manggih deui suasana model kitu.
Sanggeus dianggap laukna geus beunang kabeh,kakara nu lalajo teh aranclub ka empang,salatna-saalatna,aya nu mekel ayakan,kempis jana wadahnaaya oge nu tangan kosong,ngandelkeun kaparigelan leungeuna,dina nyapaan lauk,nini-nini,aki-aki,nonoman awewe jeung lalaki nepika budak leutik,rame sukan-sukan,eak-eakan dibalong,neangan lauk nu mebes kana leutak mun seug aya nu meunang,tuluy surak,bari silih baledog ku leutak,laukna biasana ditiir ku jampang.
Ari nini-nini mah,aranteng nyairan boncenang atawa impun ku ayakan,sawarehna ngumpulkeun tutut jeung remis atawa kijing,hehe...araneh nya ngupingna,budak ayeunamah boa apaleun boa moal,da can puguh aya kijing na ge ayeunamah,cai empangna ge biasana ge cemer ku caisabun ayeuna mah.
Lamun nu nyalair geus naraek,tah....ayeuna mah bagean tukang ngala belut nu ancrub,bari mangul pacul,ramona nyolokan liang disisi balong,sangges dianggap liang belut,kakara pacul maen,kecruk liang dipacul nepika belutna beunang,belut balong tea nya badang nya panjagkoneng umyang warnana.
Cag ah
Urang teundeun dihandeuleum sieum,urang tunda dihanjuang siang,pikeun sampeureun jaga.
Haturnuhun....!


Referensi:

  • Foto dokumen pribadi


BIARKAN MEREKA TUMBUH KEMBANG SEBAGAIMANA LAYAKNYA ANAK

Melihat mereka bermain,bercanda dan bercengkrama dihalaman sekolah,rasanya kangen masa-masa seperti mereka,kalau bisa lahir kembali,hmm......tapi tidak ada yang kusesali sekaranf,karena masa kanak-kanaku telah kulalui dengan semestinya,layaknya aku seorang anak.
Terkadang,sedih dan miris dengan tumbuh kembang anak-anak sekarang,sedih,karena mereka tidah tumbuh kembang selayaknya anak-anak,artikel ini,kutulus,bukan untuk mencari siapa yang salah dan bertanggungjawab atas tumbuhkembang mereka,baik tumbuh kembang anak secara fisik maupun tumbuhkembang mereka secara sosial,tapi...artikel ini kutulis untuk sekedar refleksi,renungan dan bahan referensi serra evaluasi untuk kita semua,termasuk diri sata sendiri,mudah-mudahan bermanfaat.
Menurut Andriana (Andriana:2013),tumbuh kembang anak adalah suatu proses yang sifatnya kontinue,yang dimulai sejak dalam kandungan hingga dewasa.Didalam proses perkembangan anak terdapat masa-masa kritis,dimana pada masa tersebut diperlukan suatu stimulasi yang berpungsi agar potensi si anak berkembang.Perkembangan anak akan optimal jika terdapat interaksi sosial yang sesuai dengan kebutuhan anak diberbagai tahap perkembangannya.
Merujuk pada pendapat diatas bahwa Perkembangan anak akan optimal jika terdapat interaksi sosial yang sesuai dengan kebutuhan anak diberbagai tahap perkembangannya.Nah...kenyataannya terkadang kebutuhan anak tidak berbanding lurus dengan kesesuaiannya.
Mari kita lihat fakta,perbedaan pemenuhan kebutuhan dan interaksi sosial anak tempo doeloe dengan anak era digital sekarang ini:
  1. Tempo doeloe,sekedar untuk barang mainan saja kita membuat sendiri dengan berbagai cara,bisa meniru dari barang mainan teman sepermainan,bisa belajar atau diajarin orangtua sendiri,atau kreatif sendiri tanpa berguru,meniru,maupun diajarin oleh siapapun,manfaatnya,bisa kita rasakan,kita menjadi anak yang Mandiri dan KREATIF.Nah....anak sekarang,kalau mau sekedar mainan saja,cukup dengan modal merengek,simsalabim,mainan sudah terpegang ditangannya,tidak perlu bersusah payah,tidak perlu kreatifitas,cukup beli ketoko mainan ataupun pasar,selesai!Siapa desainnya sehingga anak kita tidak kreatuf cenderung tergantung sama orang lain,anak kita tidak mandiri dominan manja,jawabannya tidak usah dicari diluar lingkungan ruman.
  2. Tempo doeloe,baju yang kita pakai,cukup sederhana:baju tradisional,atau kaos oblong,atau pakaian sederhana lainnya yang sesuai untuk usia anak,sekarang,pakaian sudah beragam, banyak corak dan desain,dan...abrakadabra,apa yang dipilih,terkadang bajunya baju anak,tapi desain yang dipilihnya,desain untuk orang dewasa,sehingga jika dipakai anak,tubuhnya anak--anak,tapi penampilannya sudah bukan anak-anak lagi,anak kita sudah dikarbit,tumbuh dewasa sebelum waktunya,sispa desainnya sehingga anak kita terkarbit seperti,jawabannya ada dihati kita selaku orangtua
  3. Tempo doeloe,interaksi sosial kit TINGGI SEKALI,pulang sekolah bermain dengan teman sebaya,memainkan berbagai permainan tradisional,yang melatih anak bekerja sama,bersatu,saling menghargai,saling menghormati,dan kekompakan,seperti bermain kelereng,main lompat tali,main layangan,main galah asin,main gatrik,dan sebagainya,sekarang....anak kita asyik sendiri,main hape,main game dan kegiatan individual lainnya,siapa desainnya jika anak kita menjadi begitu individualistis,jawabannya ada dihati kita tentuny.
  4. Tempo doeloe,saya masih ingat,kalau pulang mengaji,disuruh belajar,kalau tidak menurut pasti kena cepretan sapu lidi,sambil berurai air mata,saya belajar dan mengerjakan peer sekolah,sekarang.....(??),jawabannya mari kita tinjau rumah masing-masing,sudahkah anak kita disuruh mengaji,dan anak kita mengaji,sudahkah anak disuruh belajar dan merekapun belajar??
Hal-hal kecil diatas,bukan bermaksud mengorek masa emas ketika kita kanak-kanak,dan membandingkannya dengan masa kanak-kanak anak kita sekarang,karena anak kita sekarang adalah hasi didikan dan bimbingan kita selaku orangtua,dan..solusi bijaknya adalah fefleksi dan introspeksi diri:sudahkah kita sebagai orangtua memberi didikan dan bimbingan yang baik terhadap anak-anak kita.
Terimakasih sudah mampir di blog saya,saran dan masukan,silahkan publiesh dikolom komen.
Mohon maaf tidak bermaksud mengguru apalagi menjadi guru untuk orang lain,cukup saja saya menggurui dan menjadi guru untuk diri saya dan keluarga,saya hanya berbagi semoga menginspirasi.
Salam BLOGGER!

Referensi:

  • Andriana:2013
  • Foto dokumen pribadi

Senin, 25 September 2017

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB):BUKANLAH MONSTER


Mendengar kata MONSTER,imajinasi kita langsung mengarah pada sosok yang:
  • Menakutkan
  • Menyeramkan
  • Mengerikan
  • Dan bayangan seram lainnya
Kenapa saya menganalogikan MONSTER ini kedalam sosok yang menyeramkan,karena (dalam tanda kutif),ada sebagian kecil yang memandang Program PKB itu adalah sesuatu yang menakutkan,menyeramkan dan mengerikan,lewat artikel ini mudah-mudahan bisa sedikit merubah cara pandang kita terhadap Program PKB,bahwa Program PKB tersebut bukanlah hal yang harus ditakuti.
Program PKB,sebagaimana Program Sebelumnya sekelas Program Guru Pembelajar Online (GPO),mempunyai manfaat dan tujuan yang bermuara pada meningkatnya kompetensi guru menuju guru Profesional.
Hal-hal yang dianggap Monster saat mendengar Program PKB diantaranya adalah:

  • Takut menghadapi perangkat komputer,hal ini hantu bagi pengidap TBC atau Tidak Bisa Computer,belum apa-apa sudah terbayang,bagaimana menyalakan komputer,bagaimana memegang Mouse,bagaimana menggerak-gerakan kursor,bagaimana cara pindah dri soal yang satu kesoal yang lain,serta bayangan-bayangan menakutkan lainnya.
  • Takut menghadapi soal Pretest
  • Trauma menunggu hasil pretest
Jadi,mari kita ubah Persepsi kita tentang Program PKB,mari kita asumsikan bahwa Program PKB ini sebagai seorang Peri cantik yang akan memberikan keajaiban kepada kita.
Jika pola pandangnya sudah berubah,mari kita lihat,apa yang akan diberikan Peri cantik bernama Program PKB tersebut:

  1. Program PKB memberi kita (Pembelajar) wawasan,ilmu pengetahuan,dan inovasi penbelajaran.
  2. Program PKB mencerahkan hati dan pikiran kita (pembelajar)
  3. Program PKB memberi pemahaman baru tentang pembelajaran
  4. Program PKB membuat kita (pembelajar),belajar secara mandiri
  5. Program PKB melatih kita (pembelajar),berkolaborasi dengan teman sejawat
  6. Program PKB melatih kita (pembelajar),memecahkan masalah  pembelajaran secara bersama-sama dengan teman sejawat
  7. Program PKB mengefektifkan Komunitas seperti KKG,MGMP ataupun komunitas yang lainnya dengan lebih inklusif.
  8. Program PKB memotivasi kita (pembelajar),untuk memulai belajar dan memahami media IT seperti komputer,internet,mengetahui dan memahami istilah-istilah internet seperti laman,surel,daring,e-fortopolio dan lain-lain.
  9. Program PKB Membiasakan kita (pembelajar),berinteraksi secara positif dengan teman-teman di komunitas.
  10. Program PKB memberi kita (pembelajar),pengayaan.
Itu hanya sebagian kecil yang diberikan oleh Program PKB kepada pembelajar,masih banyak manfaat positif lainnya yang diberikan oleh Program.
Jadi, sudah saatnya menghilangkan rasa takut yang menghantui,dan mulai membuka diri untuk perubahan kearah yang lebih baik.
Guru belajar juga,bukan hanya mengajar!
Guru dididik juga,bukan hanya mendidik!
Guru dibimbing juga, bukan hanya membimbing!
Guru di evaluasi juga, bukan hanya mengevaluasi!
Salam "Long Live Education"

Referensi:
http://images.gofreedownload.net/cartoon-zombie-face-clip-art-15590.jpg (izin share fotonya)

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) : KEWAJIBAN ATAU KEBUTUHAN?(SUDUT PANDANGKU)


Jika tersirat ada pertanyaan,apakah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini Kewajiban ataukah Kebutuhan?
Jawabannya tentu saja kita tidak bisa memilih salah satunya dan mengabaikan yang satunya lagi.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Kewajiban dan Kebutuhan.
Program PKB adalah Kewajiban,sebagaimana layaknya Kewajiban yaitu Sesuatu yang harus dilaksanakan,pertanyaannya,mengapa Program PKB itu menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan,jawabannya singkat,karena tujuan utama dari Program PKB adalah untuk meningkatkan kompetensi guru.
Guru wajib selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensinya,karena jika tidak,guru akan senantiasa kalah cepat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,yang berkembang sedemikian pesat.
Guru wajib senantiasa upgrade agar wawasan keilmuannya terus bertambah dan berkembang.
Dalam menghadapi kewajiban tersebut,terkadang timbul hal-hal berikut dalam diri kita:

  1. Rasa jenuh dalam menghadapinya,wajar jika perasaan itu ada,namun satu hal yang harus dilakukan,lawan rasa jenuh tersebut dengan kesadaran bahwa belajar itu bukan hanya kewajiban anak didik saja akan tetapi juga menjadi kewajiban guru itu sendiri.
  2. Merasa sudah tua,perasaan ini juga dijadikan batu sandungan bagi kita yang malas untuk belajar kembali,menjadikan usia kita tidak layak lagi untuk belajar karena faktor usia,itu pandangan yang salah karena belajar itu sepanjang hayat,selagi hayat dikandung badan,kita harus terus belajar dan belajar.
  3. Merasa Malas,jika perasaan ituada,konsekwensinya adalah kita tidak mau melakukan apapun,termasuk mengikuti seluruh kegiatan program apapun.Rasa malas menjadi blokade yang sulit ditembus,karena yang dapat menjebl rasa malas itu adalah diri kita sendiri,bangkit dan singkirkan rasa malas tersebut agar kita mau melaksanakan segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi guru.
  4. Merasa putus asa,jika perasaan ini hadir,waspadalah...karena perasaan ini sudah memasuki ambang batas kemampuan anda,jika tidak bisa mengendalikannya,kita akan menjadi orang yang pesimis dan tidak punya gairah untuk belajar,tepis keputus asaan tersebut dengan selalu memotivasi diri kita dengan hal-hal yang positif.Keputus asaan bisa jadi merupakan efek samping dari sesuatu yang kita peroleh ternyata tidak sesuai denga harapn,misal rapot nilai PKB kita dibawa Kriteria Capaian Minimum,hasil Pretestnya kurang bagus,dan faktor-faktor lainnya.
Sekarang,kenapa Progran PKB itu dikatakan suatu kebutuhan,mari kita lihat dulu definisi dari kebutuhan itu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),bahwa arti dari kebutuhan adalah sebagai berikut:
butuh1/bu·tuh/ vmembutuhkan/mem·bu·tuh·kan/ v sangat perlu menggunakan; memerlukan: negara kita masih - investasi modal asing;

membutuhi/mem·bu·tuhi/ v membutuhkan;

kebutuhan/ke·bu·tuh·an/ n yang dibutuhkan
Merujuk pada uraian diatas,bahwa kebutuhan adalah yang dibutuhkan,jadi,kenapa Program PKB itu menjadi sesuatu yang dibutuhkan?jawabannya,mari kita lihat mafaat dari duselenggarakannya Program PKB dan selanjutnya simpulkan sendiri jawaban atas pertanyaan diatas.
Manfaat Program PKB

1.Bagi Guru
  • Meningkatkan Kompetensi
  • Menambah wawasan keilmuan
  • Siap melaksanakan tugas utamanya,sebagaimana yang diamanatkan oleh UU no 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen yang yerdapat pada pasal 1 berbunyi:bahwa guru adalah pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan,menilai,dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini,jalur pendidikan formal,pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
2.Bagi siswa
  • Mendapat pelayanan prima dalam kegiatan Belajar Mengajar
  • Mendapat ilmu dan wawasan baru karena mendapat bimbingan dari guru yang profesional.
  • Selalu update dan inovatif dalam memperoleh ilmu dan wawasan keilmuannya.
3.Bagi Sekolah
  • Menjadi lembaga penyelenggara pendidikan yang maju,inovatif serta selalu siap mengikuti perkembangan zaman
  • Menghasilkan lulusan yang berkwalitas
  • Mencetak sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman.
  • Menjadi lembaga yang terpercaya
4.Bagi orangtua siswa
  • Merasa puas menyekolahkan anaknya karena akan dibimbing oleh guru-guru yang kompeten dan profesional
  • Mendapatkan pelayanan prima baik dari pihak sekolah maupun para pendidiknya.
  • Merasa aman menitipkan anaknya karena akan selalu dibimbing dan diawasi oleh guru-gutru yang bertanggungjawab.
Dengan melihat manfaat yang didapat dari Program PKB diatas,yakinlah bahwa Program PKB adalah Program yang dibutuhan oleh guru dan menjadi suatu kebutuhan

Referensi:

  • https://kbbi.web.id/butuh


Selasa, 19 September 2017

CONTOH SAMBUTAN PIDATO SISWA PADA ACARA PERPISAHAN KELAS VI

Bismillahirrahmanirahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!
Bismillah
Alhamdulilah
Puji serta syukur,mari kita sama-sama panjatkan kehadirat Allah yang Maha Ghofur,karena Berkah hidayah dan InayahNyalah,saya dapat berdiri dihadapan Bapak dan Ibu guru sekalian,dalam keadaan sehat wal'afiat tidak kekurangan suatu apapun.
Salawat beserta salam,semoga selamanya terlimpah curah kepada Junjunan kita,Nabiyana,Wahabibana,Muhammad Salallhu 'alaihi Wasallam,kepada keluarganya,para sahabatnya,para Tabi'in Tabi'atnya,sampai kepada kita,yang ta'at dan patuh pada ajarannya hingga akhir zaman,dan mudah-mudahan kita mendapatkan safa'atul uzla kelak.
Bapak pengatur acara yang saya hormati,terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan.
Bapak kepala sekolah beserta Bapak dan ibu guru yang saya cintai.
Bapak ibu tamu undangan,juga adik-adiku sekalian yang saya cintai.
Bapak dan ibu guru yang saya cintai!
Perkenankan,saya atas nama perwakilan siswa kelas VI,untuk menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan kepada bapak dan ibu sekalian pada kesempatan ini 
Enam tahun,tidak terasa kami lalui,masih terbayang dalam ingatan,saat pertama kali masuk kelas diruang kelas 1,Bapak dan ibu dengan sabar,mengajari kami,membimbing baca,tulis dan hitung,sampai kami pandai membaca,menulis dan berhitung.
Terkadang,kami sering membuatmu jengkel,membuatmu kesal,membuatmu marah,tapi dengan penuh kesabaran,bapak dan ibu guru,tetap membimbing kami.
Kelas satu,naik kelas dua,kekelas tiga,sampai akhirnya kami naik kekelas enam dan dinyatakan lulus setelah menempuh ujian,semuanya atas bimbingan Bapak dan ibu guru.
Bapak dan ibu guru jasamu tiada tara,tiada kata dan harta yang bisa kami berikan unuk membalas semua kepadamu,jasamu takkan terbalas oleh apapun,hanya kata terimakasih untuk semua yang bapak dan ibu guru berikan untuk kami.
Bapak dan ibu guru yang kani cintai,selanjunya,doakan kami,agar kami dapat melanjutkan cita-cita kami kejenjang sekolah yang lebih tinggi,semoga dengan restumu,cita-cita kami tercapai dan tergapai.
Terimakasih...
"Pileuleuyan-pileuleuyan,sapunyere pegat simpay,Pileuleuyan-pileuleuyan,paturay patepang deui"
Billahi taufik walhidayah,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!