Senin, 25 September 2017

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) : KEWAJIBAN ATAU KEBUTUHAN?(SUDUT PANDANGKU)


Jika tersirat ada pertanyaan,apakah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini Kewajiban ataukah Kebutuhan?
Jawabannya tentu saja kita tidak bisa memilih salah satunya dan mengabaikan yang satunya lagi.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Kewajiban dan Kebutuhan.
Program PKB adalah Kewajiban,sebagaimana layaknya Kewajiban yaitu Sesuatu yang harus dilaksanakan,pertanyaannya,mengapa Program PKB itu menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan,jawabannya singkat,karena tujuan utama dari Program PKB adalah untuk meningkatkan kompetensi guru.
Guru wajib selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensinya,karena jika tidak,guru akan senantiasa kalah cepat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,yang berkembang sedemikian pesat.
Guru wajib senantiasa upgrade agar wawasan keilmuannya terus bertambah dan berkembang.
Dalam menghadapi kewajiban tersebut,terkadang timbul hal-hal berikut dalam diri kita:

  1. Rasa jenuh dalam menghadapinya,wajar jika perasaan itu ada,namun satu hal yang harus dilakukan,lawan rasa jenuh tersebut dengan kesadaran bahwa belajar itu bukan hanya kewajiban anak didik saja akan tetapi juga menjadi kewajiban guru itu sendiri.
  2. Merasa sudah tua,perasaan ini juga dijadikan batu sandungan bagi kita yang malas untuk belajar kembali,menjadikan usia kita tidak layak lagi untuk belajar karena faktor usia,itu pandangan yang salah karena belajar itu sepanjang hayat,selagi hayat dikandung badan,kita harus terus belajar dan belajar.
  3. Merasa Malas,jika perasaan ituada,konsekwensinya adalah kita tidak mau melakukan apapun,termasuk mengikuti seluruh kegiatan program apapun.Rasa malas menjadi blokade yang sulit ditembus,karena yang dapat menjebl rasa malas itu adalah diri kita sendiri,bangkit dan singkirkan rasa malas tersebut agar kita mau melaksanakan segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi guru.
  4. Merasa putus asa,jika perasaan ini hadir,waspadalah...karena perasaan ini sudah memasuki ambang batas kemampuan anda,jika tidak bisa mengendalikannya,kita akan menjadi orang yang pesimis dan tidak punya gairah untuk belajar,tepis keputus asaan tersebut dengan selalu memotivasi diri kita dengan hal-hal yang positif.Keputus asaan bisa jadi merupakan efek samping dari sesuatu yang kita peroleh ternyata tidak sesuai denga harapn,misal rapot nilai PKB kita dibawa Kriteria Capaian Minimum,hasil Pretestnya kurang bagus,dan faktor-faktor lainnya.
Sekarang,kenapa Progran PKB itu dikatakan suatu kebutuhan,mari kita lihat dulu definisi dari kebutuhan itu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),bahwa arti dari kebutuhan adalah sebagai berikut:
butuh1/bu·tuh/ vmembutuhkan/mem·bu·tuh·kan/ v sangat perlu menggunakan; memerlukan: negara kita masih - investasi modal asing;

membutuhi/mem·bu·tuhi/ v membutuhkan;

kebutuhan/ke·bu·tuh·an/ n yang dibutuhkan
Merujuk pada uraian diatas,bahwa kebutuhan adalah yang dibutuhkan,jadi,kenapa Program PKB itu menjadi sesuatu yang dibutuhkan?jawabannya,mari kita lihat mafaat dari duselenggarakannya Program PKB dan selanjutnya simpulkan sendiri jawaban atas pertanyaan diatas.
Manfaat Program PKB

1.Bagi Guru
  • Meningkatkan Kompetensi
  • Menambah wawasan keilmuan
  • Siap melaksanakan tugas utamanya,sebagaimana yang diamanatkan oleh UU no 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen yang yerdapat pada pasal 1 berbunyi:bahwa guru adalah pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan,menilai,dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini,jalur pendidikan formal,pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
2.Bagi siswa
  • Mendapat pelayanan prima dalam kegiatan Belajar Mengajar
  • Mendapat ilmu dan wawasan baru karena mendapat bimbingan dari guru yang profesional.
  • Selalu update dan inovatif dalam memperoleh ilmu dan wawasan keilmuannya.
3.Bagi Sekolah
  • Menjadi lembaga penyelenggara pendidikan yang maju,inovatif serta selalu siap mengikuti perkembangan zaman
  • Menghasilkan lulusan yang berkwalitas
  • Mencetak sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman.
  • Menjadi lembaga yang terpercaya
4.Bagi orangtua siswa
  • Merasa puas menyekolahkan anaknya karena akan dibimbing oleh guru-guru yang kompeten dan profesional
  • Mendapatkan pelayanan prima baik dari pihak sekolah maupun para pendidiknya.
  • Merasa aman menitipkan anaknya karena akan selalu dibimbing dan diawasi oleh guru-gutru yang bertanggungjawab.
Dengan melihat manfaat yang didapat dari Program PKB diatas,yakinlah bahwa Program PKB adalah Program yang dibutuhan oleh guru dan menjadi suatu kebutuhan

Referensi:

  • https://kbbi.web.id/butuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar