Selasa, 02 Januari 2018

BAGAIMANA CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

Masih terngiang ditelinga kita,saat kecil,orangtua kita selalu menyuruh belajar sebelum waktunya tidur tiba,"ayo nak,belajar!",kurang lebih begitunredaksinya,dan...selanjutnya yang kita lakukan adalah mengambil buku pelajaran,lalu kita baca,sejak itu terbentuklah sebuah image,bahwa belajar itu MEMBACA.
Tidak salah,jika kita berasumsi bahwa belajar itu membaca,namun kurang tepat!Membaca adalah bagian dari salah satu kegiatan BELAJAR,kita terkadang lupa bahwa selain membaca,belajar itu bisa dengan:
  • Mendengar
  • Melihat
  • Menulis,dan
  • Membaca (Yang sering dilakukan)
Lalu bagaimanakah belajar yang efektif itu?
  1. Jika kita mempunyai hobi membaca maka belajar yang efektuf untuk anda adalah dengan cara membaca,membaca bisa dilakukan selama 60 menit,bukan berarti sekali duduk kita membaca selama 60 menit atau sekitar satu jam,sudah terbayang bagaimana sikap anak jika itu dipaksakan,cobalah yang 60 menit itu kita atur untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan,misalnya 30 menit malam hari,dan 30 menit pagi hari,atau sesuaikan dengan mood kita atau mood anak kita,lakukan secara kontinyu dari hari kehari,jika hal itu sudah menjadi pembiasaan maka tidak akan ada lagi istilah Sistem Kebut Semalam,besoknya mau ujian,semaleman kita membaca materi pelajaran,Alhasil,bukannya konsentrasi saat ujian,akan tetapi hilang fokus dan ngantuk saat ujian,tidak ada satupun materi yang mampir dikepala.
  2. Jika anda mempunyai hobi menulis,maka belajar yang efektif untuk anda adalah menulis.Menulis bisa dilakukan diberbagai media,bisa dibuku tulis,di blog pribadi maupun di website.Ketika kita salurkan hobi menulis kita,disitulah kita mulai belajar.
  3. Mendengar,bisa menjadi media belajar yang efektif bagi sebagian orang,dari hobi mendengarkan,misalnya mendengarkan dongeng,mendengarkan pembacaan puisi,dan lain sebagainya,yang bersifat edukatif dan positif.
  4. Begitupun,ketika kita melihat sesuatu,misalnya melihat alam sekitar,melihat tayangan sebuah program di media televisi,melihat penayangan sebuah video,dan lain sebagainya,tentu saja,dalam hal ini,apa yang dilihat adalah sesuatu yang bersifat positif,sehingga apa yang dilihatnya menjadi sebuah pembelajaran yang positif pula.
Demikian,mari kita kenali gaya belajar anak kita,untuk menentukan gaya belajar yang efektif bagi anak kita,sehingga anak kita tidak merasa dipaksa untuk belajar,karena sesuatu yang djalankan dan sesuai dengan hobi serta kesenangan anak,akan membuat anak kita belajar dengan penuh suka cita.
Terimakasih,semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar