Rabu, 17 Januari 2018

MENGENAL DAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN PESERTA DIDIK

Berawal dari diskusi disebuah media sosial dengan rekan dan teman sejawat,namanya ibu HALMAHERA D'ALIA,beliau adalah seorang guru penulis yang telah merilis sebuah buku,yang diberi judul,"JANGAN PANGGIL AKU USTADZAH".
Ketertarikan saya,dimulai ketika sesampainya ditempat kerja,sambil menunggu waktu pemantapan tiba,sekitar pukul 06.30-07.30,iseng-iseng sarapan pagi dengan membuka akun Facebook saya,dan begitu terbuka,Time Line nya Bu Alia lah yang berada urutan paling atas,beliau meng-upload poto kegiatan peserta didiknya,berikut update-an status yang memperjelas cerita poto kegiatannya,inilah kutipan statusnya:
"Senin pagi selepas upacara bendera.  Siswa laki-laki sedang melakukan kegiatan peduli lingkungan dengan membersihkan sampah plastik di belakang dan disamping kelas 91&9.3. Terima kasih untuk siswa ibu yang rela berkorban untuk membersihkan sampah."
 Dan,ini salah satu poto kegiatannya:
Namun,bukan dari opening statusnya yang menyulut ketertarikan saya,sehingga kemudian saya terinsfirasi untuk membuat artikel ini,untuk kembali mengingat hasil seminar dan workshop yang saya pernah ikuti,yang selaras dengan tema diskusi tersebut,dan...inilah kutipan diskusi lainnya,yang membuat saya terinsfirasi:
"Iya pak Suherman Komara. Dari adanya kegiatan ini, saya jadi tahu karakter siswa.  Ada yang malas saat belajar,  tapi ketika diajak membersihkan sampah dia sangat antusias dan paling rajin bersihinnya@aldin"
 Dan dibalas oleh saya seperti ini:
"Jadi ingat teori Howard Gardner yg mengklasipikasikan 8 kecerdasn anak,diantaranya adalah Nature smart (kecerdasan naturalis),nah..Anak yang memiliki kecerdasan naturalis ini sangat suka bermain di alam,menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan suka dengan tanaman,barangkali anak tsb memiliki Nature Smart,dan itu adalah potensi,yg hrs dibina dan dikembangkan"
Itulah kronologis,tersusunnya obrolan dan diskusi di facebook,sehingga kemudian saya buat menjadi sebuah artikel,yang menyadarkan kita bahwa setiap orang,termasuk kita sebagai guru,bisa menjadikan media sosial tersebut sebagai sarana saling berbagi,saling menginsfirasi dan sebagai sarana diskusi.
Akhirnya,saya minta izin sama bu HALMAHERA D'ALIA,untuk mengutif sebagian komentar beserta potonya,dan...beliau meng-iyakannya,pertanda beliau tidak keberatan untuk hal yang saya maksudkan,berikut artikel yang akan saya coba bagikan,mudah-mudahan bermanfaat:

MENGENAL DAN MENGEMBANGKAN KECERDASAN PESERTA DIDIK
Pernahkah suatu hari,kita mengalami keadaan yang membuat perasaan puyeng,karena kita dihadapkan pada sosok seorang siswa.yang sudah berbagai metode dan pendekatan,masih....saja belum faham dan mengerti dengan apa yang kita sampaikan,tiap evaluasi,hasilnya selalu...dibawah KKM,kalau bukan guru,mungkin kita sudah menjudge anak tersebut dengan kata "BODOH",namun,karena kita guru,kita mengetahui bahwa tidak ada anak yang bodoh,semua anak memiliki kecerdasan,hanya kemungkinan belum dapat dikenali atau dieksplor oleh kita,dan...untuk mengenalnya,itu sebuah keniscayaan sebagai seorang guru,agar kita tidak hanya mengenal kecerdasan mereka itu dari satu sisi saja dengan mengabaikan kecerdasan lainnya yang masih tersembunyi,mari kita kenali kecerdasan tersebut,kecerdasan apa sajakah itu?
Menurut Howard Gardner,seorang pakar pendidikan yang pertama kali memperkenalkan teori Multiple Intelligences (MI) atau kecerdasan jamak,Howard membagi kecerdasan itu kedalam 8 kelompok kecerdasan sebagai berikut:
1.WORD SMART (Kecerdasan Linguistik),kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan anak dalam hal berbahasa,baik dalam bentuk tulisan maupun saat dia berbicara.
Cara mengidentipikasinya:
  • Bisa mengeja kata dengan cepat dan baik
  • Suka membaca
  • Suka menulis
  • Suka berbicara
  • Senang mendengarkan cerita 
 Cara mengembangkannya:
  •  Berikanlah buku-buku cerita yang edukatif
  • Berikan alat permainan edukatif (APE),seperti mainan yang berkaitan dengan hurup dan kata yang dapat menstimulasi kecerdasannya,
  • Berikan kertas untuk menulis (kertas tulis,buku diary) 
  •  Ajak bercerita atau mendengarkan cerita
  • Ajak mendongeng atau mendengarkan dongeng 
  • Jalin komunikasi yang intens dengan anak
2.NUMBER SMART (Kecepatan Logika atau Matematis),kecerdasan  ini berkaitan dengan ketertarikan anak terhadap angka-angka,menyukai matematika,serta hal-hal lain yang ada hubungannya dengan sains maupun logika.
Cara mengidentipikasinya:
  • Anak menyenangi matematika dan semua yang berhubungan dengan angka-angka 
  •  Anak menyukai sains dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sains.
Cara mengembangkannya:
  • Berikan Alat Permainan Edukatif yang berhub ngan dengan alat berhitung,balok mainan,puzle yang berhubungan dengan dunia matematik 
  • Berikan Alat Permainan Edukatif yang berhubungan dengan sains
  • Ajak dan bawalah anak untuk mengunjungi museum Ilmu Pengetahuan atau Museum lain yang berhubungan dengan sains. 
  • Ajaklah anak bermain permainan yang edukatif seperti bermain monopoli atau permainan berhitung lainnya.
3.SELF SMART (Kecerdasan Intrapersonal),Kecerdasan ini dapat dikenali dari sikap anak yang cenderung suka menyendiri,namun pandai mengatur emosi dengan baik,berambisi dan sejak kecil sudah mempunyai cita-cita besar apabila kelak dia dewasa.
Cara mengidentipikasinya:
  • Suka bermain sendiri 
  • Susah bersosialisasi
  • Jika ditanya cita-citanya kelak,dia bisa menjawab dengan baik
  • Rasa percaya dirinya tinggi
  • Bisa mengkomunikasikan perasaannya dengan baik kepada orang-otang disekelilingnya.
Cara mengembangkannya:
  • Berikan tempat yang nyaman dan aman,sebagai tempat bermainnya.
  •  Berikan fasilitas bermain yang edukatif,sesuai peruntukannya,misalnya boneka jika anaknya perempuan,serta mainan yang sesuai untuk anak laki-laki
  • Ajak untuk berkomunikasi mengenai perasaan dan pendapatnya. 
4.PEOPLE SMART (Kecerdasan Interpersonal),anak yang memiliki kecerdasan seperti ini,cenderung lebih senang bermain dengan orang banyak.
Cara mengidentipikasinya:
  • Suka bersosialisasi dengan banyak orang 
  •  Memiliki empati tinggi
  • Pandai memahami perasaan oranglain disekitarnya 
  • Dominan diantara teman-temannya sehingga terkadang menjadi Leader dikelompok bermainnya.
 Cara mengembangkannya:
  • Masukan ke sekolah bermain peran,teather atau drama
  • Ajaklah ssering mungkin,anak kita untuk bersosialisasi 
5.MUSIC SMART (Kecerdasan Musikal),kecerdasan ini adalah kecerdasan yang paling mudah dilihat,baik oleh guru maupun oleh orangtua dirumah,namun kita harus pandai mengidentipikasi.
Cara mengidentipkasinya:
  • Anak Suka bernyanyi atau bergoyang,tidak tahan begitu mendengar musik.
  • Suka mengingat musik
  • Kalau dikelas suka memukul-mukul bangku atau alat musik seperti gendang,gong,alat musik rebana dan yang lainnya. 
  •  Antusias ketika mengikuti mata pelajaran seni musik 
  •  Antusias ketika tampil mementaskan sebuah tarian
 Cara mengembangkannya:

  • Berikan alat musik mainan
  • Sekolahkan disekolah musik jika usianya telah   cukup 
  • Ajaklah bermain musik bersama,bernyanyi bersama dan mendengarkan musik bersama.
  • Jika ada konser,ajaklah nonton konser bersama,tentu sajs disesuaikan dengan perkembangan usianya. 
6.PICTURE SMART (Kecerdasan Spasial)
Cara mengidentipikasinya:
  • Anaknya hobi menggambar
  • Antusias ketika diberi tugas untuk menggambar
  •  Suka mencurat coret kerta atau buku
  • Antusia ketika diberi tugas newarnai gambar
  • Suka membentuk bangun dari susunan balok atau benda lain
  •  Suka berimaginasi dan menuangkan hasil imaginasi nya pada kertas,buk gambar,tembok atau media lain.
Cara mengembangkannya:
  • Berilah buku gambar,kanvas atau media lainnya untuk menggambar 
  • Berilah perlengkapan menggambar selai buku gambar,misalnya cat air,kuas gambar,crayon atau pensil warna.
  • Ajaklah berkunjung ke museum seni 
  • Masukan ke privat melukis atau ke tempat khusus yang konsen dalam mengembangkan minat dan bakat dibidang melukis. 
7.BODY SMART (Kecerdasan Kinetik)(kecerdasan kinetik),anak yang memiliki kecerdasan kinetik itu sangat aktif disegala bidang,misalnya dibidang olahraga dan dibidang seni serta suka memoelajari berbagai benda yang ada dihadapannya.
Cara mengidentipikasinya:

  • Anaknya senang berolahraga 
  •  Senang membuat prakarya
  • Senang menonton pertunjukan olahraga,misalnya sepakbola,balet,teater maupun drama. 
Cara mengembangkannya:
  • Berilah perlengkapan olahraga,kalau masih kecil bisa dengan memberikan  alat olahraga maian,dan kalau sudah cukup umur berilah mainan olahraga sungguhan,seperti sepedah olahraga,raket badminton,skiping (alat untuk lompat tali),dan yang lainnya.
  • Bimbing untuk membuat prakarya atau sebuah produk,bisa dengan kardus bekas,tanah kempung atau media lainnya.
8.NATURE SMART (Kecerdasan Naturalis),anak yang memiliki kecerdasan ini,suka sekali bermain dialam,menyukai binatang,peduli terhadap lingkungan serta suka bercocok tanam.
Cara mengidentipikasinya:

  • Antusias ketika diajak keluar ruangan kelas 
  • Antusias ketika diajak kerja bhakti atau mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan lingkungan disekitar sekolah
  • Antusias ketika diajak bercocok tanam,misalnya menanami taman sekolah,mengurus taman sekolah,dan lain-lain.
Cara mengembangkannya:
  • Berilah tanggungjawab untuk memelihara taman sekolah 
  • Bimbing dia untuk mengaktualisasikan konsep keinginannya,sesuai bakat dan minatnya dibidang pemeliharaan dan pemanfaatan lingkungan.
  • Berilah binatang peliharaan yang disukainya misalnya kucing,kelinci,hammer,ikan hias untuk dijaga dan dipelihara 
Demikian 8 kecerdasan anak,yang saya peroleh ketika mengikuti seminar maupun workshop,dan saya tuliskan kembali,kurang lebihnya mohon maaf,semiga bermanfaat! 

 Daftar Referensi:

  • Ilustrasi poto dokumen dari ibu HALMAHERA D'ALIA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar