Jumat, 22 Desember 2017

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, YANG DIBENTUK OLEH METODE PEMBELAJARAN


Metode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh guru didalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Adapun arti menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

metode/me·to·de/ /métodé/ n 1 cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan; 

pembelajaran/pem·bel·a·jar·an/ n proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar;

Ada beberapa kesamaan yang tersurat dalam kedua pengertian diatas, bahwa metode adalah sebuah cara atau upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran,dan pembelajaran itu sendiri adalah sebuah proses untuk menjadikan orang atau peserta didik belajar.
Belajar dan mengajar adalah dua kata yang saling bertautan artinya yang mengajar juga harus belajar, karena kewajiban belajar tidak hanya ditujukan untuk yang namanya peserta didik.
Pengertian Mengajar yang saya akses dari http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan-pengertian-mengajar.html, yang diakses pada tanggal 22 Desember 2017, disebutkan bahwa mengajar menurut Tyson dan Carol (1970) ialah ",...a way working with student...a process of interaction... the teacher does something to student;, the student do something in return". Dari definisi ini tergambar bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan (Syah,2002:181).
Dan, mengajar, memerlukan yang namanya metode sebagai cara atau upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam postingan artikel kali ini, saya tidak akan membedah teori tentang metode pembelajaran tersebut, namun saya melihat dari sisi lain dengan digunakannya metode dalam sebuah kegiatan pembelajaran, yang disadari atau tidak, bahwa ketika metode pembelajaran tersebut diaplikasikan dalam pembelajaran, ternyata membentuk dan membangun nilai-nilai Pendidikan karakter, terlepas dari kekurangan dan  kelemahan metode tersebut,dan...nilai-nilai pendidikan karakter apa sajakah itu,mari kita kupas:
1.Metode Ceramah
   Nilai pendidikan karakter yang terbentuk:
  •     Mau mendengarkan oranglain,bukan hanya mau didengar saja
2. Metode Eksperimen
    Nilai pendidikan karakter yang terbentuk:
  •     Berpikir kreatif
  •     Mandiri
  •     Inovatif
3. Metode Pemberian Tugas (Respirasi)
    Nilai Pendidikan Karakter yang terbentuk:
  • Bertanggungjawab
  • Mandiri 
 4.Metode Diskusi
    Nilai Pendidikan Karakter yang terbentuk:
  • Berani mengeluarkan pendapat 
  • Menghargai pendapat orang lain 
  • Saling menghormati  
  • Mendengarkan saran dan pendapat orang lain
  • Belajar memecahkan masalah 
5. Metode Demonstrasi
    Nilai Pendidikan Karakter yang terbentuk:
  • Mandiri
  • Aktif  
  • Kreatif  
  • Berani  
  • Kerja keras  
  • Percaya diri 
6. Metode Sosiodrama
    Nilai Karakter yang terbentuk:
  • Kreatif  
  • Kerjasama 
  • Inisiatif 
  • Bertanggungjawab 
Demikian, semoga bermanfaat! 

Daftar Referensi:
  • https://kbbi.web.id/metode
  • https://kbbi.web.id/pembelajaran
  • http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan-pengertian-mengajar.html  diakses 22 Desember 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar