Senin, 18 Desember 2017

DALAM PUSARAN KONFLIK ?

Wuih..... judulnya itu lho, bombastis! Sengaja,biar ke deteck sama mesin penelusur!tapi....tidak terlalu begitu sih tujuannya,hanya... ketika stembay didepan channel sebuah tivi, mendengar istilah itu,maka terlintaslah untuk membuat judul artikel seperti itu.
Berada dalam pusaran konflik, terjadi disemua profesi, tidak terkecuali dalam profesi guru, dengan jenis konflik yang tentu saja berbeda karena profesinya pun berbeda, lalu konflik apa saja yang biasanya ada dilingkungan profesi guru, mari kita bahas satu persatu,mohon maaf bukan bermaksud menggurui, hanya berbagi, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan menjadi early warning bagi kita, agar tidak salah dalam mengambil keputusan,inilah salah satu konfliknya:

  • Konflik kepentingan
Guru, adalah sebuah profesi mulia, dan guru dimata sebagian besar masyarakat adalah sosok yang dianggap serba bisa dan serbaguna, kehadirannya banyak dinanti dan diperlukan, apa-apa "bapak/ibu guru",hampir semua sendi kehidupan, guru selalu menjadi tumpuan, dan guru pun,seperti profesi lainnya, juga adalah seorang manusia yang tidak terlepas dari pertentangan antara kepentingan yang satu dengan kepentingan yang lain, ketika kepentingan itu datang, terjadilah konflik kepentingan, yang terkadang membuat bingung, kepentingan mana yang harus diprioritaskan, apakah urusan dinas ataukah urusan kepentingan yang harus didahulukan,maka terjadilah pertentangan atau konflik ditubuh kita, hingga kita berada dalam pusaran konflik.
Lalu, konflik Kepentingan apa sajakah itu?

1.Kepentingan Dinas Vs Kepentingan Keluarga
Kepentingan keluarga itu beragam, mulai dari mengantar anak sakit kedokter,istri melahirkan, wisuda anak, keluarga meninggal, wisata keluarga,dan sebagainya, ketika kepentingan itu hadir,maka sikap kita sebaiknya adalah:
  • Kelompokkan berbagai kepentingan tersebut, kedalam beberapa kelompok 
  •  Setelah dikelompokkan lalu analisis kepentingan manakah yang benar-benar urgent, artinya tidak dapat diwakilkan dan tidak dapat digantikan, selama masih bisa diwakili dan selama masih bisa digantikan oleh orang lain,Maka gantikan dan wakilkan kepada orang lain
  • Jika setelah dikelompokkan dan dianalisis ternyata kepentingan itu tidak dapat diwakili dan digantikan,misalnya ada anggota keluarga yang meninggal,maka mintalah izin kepada atasan sesuai prosedur yang telah diatur. 
2.Kepentingan Dinas Vs Kepentingan Organisasi
Kepentingan organisasi biasanya menghampiri guru yang aktif diwilayahnya, seperti menjadi pengurus RW, Pengurus Lembaga di Desa seperti BPD (Badan Permusyawaratan Desa),MUI Desa,Pordes, atau organisasi lain diluar organisasi politik tentunya.Ketika kepentingan ini hadir, tentunya akan menyita perhatian kita,karena, bagaimana pun,kita adalah bagian dari sebuah komunitas masyarakat yang berada didalam sebuah wilayah pemerintahan yang bernama Desa ataupun kelurahan, yang adakalanya mereka membutuhkan peran partisipasi aktif  kita sebagai warga Desa ataupun warga kelurahan, dilematis memang, andaikan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat itu ditolak.
Jujur, saya aktif dibeberapa organisasi lembaga kemasyarakatan yang ada didesa, namun, sejak awal kepercayaan itu diberikan, inilah langkah saya, mudah-mudahan menginfirasi, saya menerima amanah tersebut dengan catatan:
  • Tidak menggangu aktifitas dan rutinitas Tugas Pokok dan Fungsi saya sebagai guru.
  • Jika ada kegiatan baik rapat maupun kegiatan lain yang dilaksanakan saat jam kerja, saya tidak akan mengikuti kegiatan tersebut akan tetapi mewakilkan kepada rekan yang lain, kecuali kegiatan yang dilakukan pada malam hari, saya siap hadir.
Itulah fakta integritas yang saya sampaikan kepada pemangku kepentingan, agar mereka tahu dan mengerti dengan tugas pokok dan fungsi saya sebagai seorang pegawai. 
3.Kepentingan Dinas Vs Kepentingan Masyarakat
Sebagai mahluk sosial dan sebagai bagian dari masyarakat , siapapun tidak akan terlepas dari kepentingan dengan masyarakat sekitar, kita perlu bersosialisasi dan bergaul dengan masyarakat sekitar kita , yang berguna sebagai media untuk mengasah kompetensi sosial kita dilingkungan real, dan sebagai media pengaplikasian kompetensi sosial kita,maka,kita akan dihadapkan dengan kepentingan dengan masyarakat seperti berikut:Kerja bakti,gotong royong, ditunjuk menjadi panitia sebuah event, misalnya panitia agustusan, panitia peringatan hari besar keagamaan,dan lain sebagainya, tentunya kegiatan inipun, bingung untuk ditolak, karena kita bagian dari masyarakat itu sendiri,hanya yang menjadi catatan penting adalah, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tidak menggangu tugas pokok dan fungsi yang utama yang harus menjadi prioritas, yaitu sebagai guru.
Itulah sebagian kecil dari pusaran kepentingan seorang guru, yang merupakan bagian dari sebuah komunitas masyarakat dan pemerintahan, terimakasih, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar