Rabu, 20 Desember 2017

BAGAIMANA CARA MENJADI SEORANG PROFESIONAL


Kata "Profesional", sudah demikian familiar di pendengaran bapak dan ibu guru, selalu menjadi ujung pengharapan ketika kita selesai mengikuti Bimtek, Workshop, Pelatihan, seminar dan acara pembinaan lainnya.
Lalu, apakah Profesional itu?
Di dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,BAB I tentang KETENTUAN UMUM,pada Pasal 1 poin nomor 4,disana disebutkan bahwa Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran atau  kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Kemudian pengertian Profesional menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:
profesional/pro·fe·si·o·nal/ /profésional/ a 1 bersangkutan dengan profesi; 2 memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya: ia seorang juru masak --; 3 mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir): pertandingan tinju --
Itulah dua pengertian Profesional menurut Undang-undang guru dan dosen serta menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terdapat 3 ,kata kunci yaitu:
  1. Keahlian
  2. Kemahiran,dan atau
  3. Kecakapan
Mari kita telusuri arti ketiga kata kunci tersebut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,yaitu:
1.keahlian/ke·ah·li·an/ n kemahiran dalam suatu ilmu (kepandaian, pekerjaan)
2.kemahiran/ke·ma·hir·an/ n kecakapan (dalam melakukan sesuatu); kemampuan; kepandaian: para pesenam itu bertanding memperlihatkan - masing-masing
3.kecakapan /ke·ca·kap·an /n 1 kemampuan; kesanggupan; 2kepandaian atau kemahiran mengerjakan sesuatu
Yang menjadi bagian dari tugas kita sebagai guru adalah menjadi guru yang ahli,mahir dan atau cakap.
Bisa?
Mampu?
Jawabannya harus bisa dan harus mampu,karena Undang-undang mengisyaratkan bahwa "Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah,dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.(Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen BAB II tentang Kedudukan, fungsi dan tujuan,Pasal 2 ayat 1)
Pertanyaan berikutnya adalah bagaimanakah cara menjadi seorang Profesional itu?
Pertanyaan yang mudah namun jawabannya tentu akan  beragam,, tergantung dari  perspektif  sudut  pandang masing-masing,,bisa saja  ada  yang menjawab sulit,, mudah  atau  tidak  keduanya, jawaban yang manapun yang tersirat dihati, semuanya benar sepanjang ada usaha atau ikhtiar untuk menjadi seorang profesional, yang salah adalah yang tidak ada usaha atau ikhtiar untuk menjadi seorang profesional.
Menjadi profesional itu memerlukan proses seumur hidup menurut saya, karena ternyata dalam aplikasi nyata dilapangan,kita senantiasa dihadapkan pada hal-hal baru, kesulitan baru, penemuan baru yang memerlukan strategi pemecahan baru.
Dan... jawaban untuk pertanyaan terakhir tentang bagaimana cara menjadi seorang Profesional menurut pendapat saya adalah:

  1. Selalu meng-upgrade diri, artinya bahwa kita harus senantiasa belajar dan belajar untuk menambah dan memperbarui ilmu,wawasan, keahlian dan kemahiran dan atau kecakapan kita, inilah menurut saya ruh dari program guru pembelajar, sebagai upgrader dan charger untuk kembali menaikkan level semangat, kreativitas dan inovasi guru.
  2. Ingatlah selalu konsep pendidikan sepanjang hayat atau Long Live Education artinya adalah rancangan atau gagasan tentang proses pembimbingan manusia yang terus berlangsung selama ia hidup.
  3. Jangan berhenti untuk belajar, karena berhenti belajar sama artinya dengan berhenti mengajar
  4. Jangan berhenti berusaha untuk menjadi seorang yang profesional,karena profesionalitas itu memerlukan proses yang panjang dan upaya yang berkesinambungan.
  5. Profesionalitas berlandaskan kerja keras, bukan rasa malas,jadi, untuk menjadi seorang yang profesional, kita harus bekerja keras.
Demikian, semoga bermanfaat!
Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi!


Daftar Referensi:

  • https://kbbi.web.id/Profesional
  • https://kbbi.web.id/keahlian
  • https://kbbi.web.id/kemahiran
  • https://kbbi.web.id/kecakapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar