Jumat, 01 Desember 2017

JURUS MENULIS ITU:KBK


Masih tergambar di memori saya,saat pertama kali menulis di Dashboard blog pribadi saya,sebentar dibuka,tidak lama kemudian ditutup lagi,bukanya sebentar,off nya lama sekali,limit satu Minggu,saya buka lagi itu,sudah dibuka,malah termenung,apa yang mesti saya tulis,akhirnya..ditutup lagi,begitu dan begitu terus selama satu bulan setelah saya buat blog.
Menginjak bulan kedua,mulai sedikit terbuka ide dan gagasan untuk menulis,itu pun setelah saya bolak-balik mengamati blog orang lain,maklum Newbie,masih perlu motivasi dan referensi untuk sekedar menuliskan 5 sampai 10 baris saja,rasanya berat sekali,ide terasa mampet.
Akhirnya bermodal keberanian,mulailah jariku belajar menari di atas keyboard Android ku,sebentar menulis,berhentinya lama...sekali,begitu terus,hingga akhirnya tulisan perdanaku,yang tidak lebih panjang dari jari tengahku itu pun selesai,ada kurang lebih 10 baris,judulnya kalau tidak salah "TIPS SEDERHANA MERINGANKAN BEBAN KERJA",2 September 2015 saat itu aku publikasikan.
Berbasis pengalaman perdanaku itulah,ku tulis artikel ini dengan judul:"JURUS MENULIS ITU:KBK".
Tentu saja,bukan KBK yang merupakan akronim dari Kurikulum Berbasis Kompetensi,karena KBK yang saya maksudkan adalah bahwa untuk mulai menjadi penulis itu jurusnya adalah KBK,ada dua akronim dari KBK yang saya maksud,yaitu:

1.Keberanian Berbasis Kemampuan
Bahwa untuk mulai menulis itu,jurusnya adalah Keberanian Berbasis Kemampuan,kenapa kata keberanian saya simpan didepan,karena saya berpendapat,punya kemampuan menulis tapi tidak punya keberanian untuk menuliskannya,sama juga bohong,ide apapun yang ada dibenak,kemampuan sehebat apapun yang dimiliki,tidak akan terwujud tanpa keberanian.
2.Keberanian Bukan Kemampuan
Bahwa untuk mulai menulis itu,jurusnya adalah Keberanian Bukan Kemampuan,artinya kita hanya punya keberanian,berani untuk mulai menorehkan ide dan gagasan,soal Kemampuan,itu bisa diasah oleh orang-orang yang sudah mempunyai modal keberanian,orang yang berani akan mulai mengupgrade kemampuannya dengan berbagai cara,bisa dengan belajar dari tutorial menulis,membaca karya tulisan orang lain,mencari referensi,dan lain sebagainya,kemampuan seseorang akan bertambah seiring semakin beraninya menulis,menulis dan terus menulis.
Itulah KBK yang saya maksud,dan saya masuk kategori penulis KBK nomor 2,yang hanya bermodal awal keberanian bukan modal awalnya kemampuan,kemampuan bisa terus diupgrade sembari kita terus menerus menulis,itulah Penulis Pembelajar,yang senantiasa belajar,belajar dan selalu belajar.
Idealnya,memang menulis itu ya berani ya mampu,paket komplit itu,mari kitapun bangkitkan keberanian,agar kita mampu!
Terimakasih....mudah-mudahan bermanfaat! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar