Minggu, 10 Desember 2017

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

Pernahkah anda suatu waktu sampai dititik jenuh?
Semua orang pasti pernah mengalaminya, jadi jangan pernah merasa sendiri, dalam profesi apapun, termasuk pada profesi guru.
Wajar perasaan itu datang menghampiri kita,karena kehidupan seperti itu:

  1. Kadang,kita semangat menjalankan aktivitas
  2. Terkadang,kurang bersemangat dalam beraktivitas
Banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya level semangat kerja kita, diantaranya:

  1. Lingkungan tempat bekerja,ada kalanya lingkungan tempat kerja,memantik dan mematikan semangat kerja kita
  2. Hubungan dengan rekan kerja, terkadang masalah bisa timbul dari adanya gesekan antar sesama rekan kerja,bisa dari ketersinggungan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, ataupun dari adanya persaingan yang tidak sehat dengan rekan kerja,.
  3. Gaji,tidak dipungkiri manakala berbicara tentang gaji, akan menjadi fokus perhatian, karena diakui atau tidak, kita bekerja karena ingin mendapatkan penghasilan, besar kecilnya penghasilan tersebut dapat menaikkan dan menurunkan level semangat kerja seseorang, namun tidak semua begitu, karena ternyata ada karyawan atau pekerja yang tetap semangat dengan penghasilan yang dianggap kecil oleh orang lain.
  4. Apresiasi,pada dasarnya, manusia itu senantiasa senang ketika hasil kerjanya diapresiasi oleh orang lain, baik atasannya maupun rekan kerjanya,dan apresiasi yang diterima tersebut dapat menaikkan level kerja seseorang, namun hal ini juga tidak berlaku bagi sebagian orang, karena mereka tetap bersemangat dalam menjalani aktivitasnya dengan ikhlas tanpa berharap ada atau tidak ada kata pujian yang terlontar,baik itu dari atasannya maupun rekan kerjanya.
Itu,diantara sekian banyak faktor yang dapat menaikkan dan menurunkan semangat kerja,dan,ketika semangat kerja kita menurun,akan menjadi masalah terhadap produktivitas kerja kita, jadi perlu upaya untuk meningkatkannya kembali, upaya yang dapat dilakukan agar semangat kerja kita kembali meningkat adalah sebagai berikut:

  1. Sadar bahwa jabatan itu adalah amanat yang harus dipertanggungjawabkan, bukan hanya sekedar bertanggungjawab pada atasan,akan tetapi pertanggungjawaban yang kelak harus dilakukan dihadapan sang Pencipta kelak, kesadaran seperti ini akan menjadi kendali positif bagi kita dan menjadi dasar religius yang akan selalu menyadarkan kita bahwa apapun yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat.
  2. Berpikir positif terhadap atasan atau rekan kerja,artinya jangan membandingkan kita dengan rekan kerja disekitar kita, lakukan tugas dengan penuh tanggungjawab, terkadang sisi manusiawi kita muncul manakala melihat kerja orang lain, misalnya: kenapa kita harus serius,toh orang lain pun santai,kenapa kita harus banting tulang,toh,bos kita kerjaannya begitu-begitu saja,dan perasaan-perasaan negatif lainnya,tetaplah fokus pada pekerjaan yang menjadi tanggungjawab kita.
  3. Refreshing, sesekali luangkan waktu untuk mengadakan refreshing, misalnya saat hari libur kerja, kita bisa mengunjungi obyek wisata terdekat, atau sekedar jalan santai bareng keluarga disekitar kompleks rumah kita,atau mendengarkan musik dan menonton film kesukaan kita, semoga setelah kita refreshing, ketika saatnya masuk kerja, kita kembali fit untuk bekerja.
Demikian, beberapa hal sebagai upayapaya meningkatkan produktivitas kerja, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar