Senin, 13 November 2017

DISIPLIN ADALAH SEBUAH TANGGUNGJAWAB


Disiplin,sebuah kata yang mudah untuk diucap,tapi susah untuk dilaksanakan,itu gambaran pernyataan bagi sekelompok orang,tapi mungkin tidak menggambarkan untuk semua orang,karena faktanya,banyak orang yang santai saja menjalani profesi bertemankan seseorang yang bernama DISIPLIN.
A.Pengertian Disiplin
Menurut Wikipedia:
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.
Merujuk pada pendapat diatas,ada beberapa kata kunci yang dapat saya perlebar penjelasannya:
  1. Perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai
  2. Tanggungjawab

Kata kunci pertama bahwa perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai itu harus menjiwa didalam hati setiap kita,jika perasaan itu selalu hadir,inshaallah,kita yang memilikinya akan senantiasa jadi manusia yang selalu disiplin dimanapun kita berada dan diprofesi apapun posisi kita,karena dimanapun kita,akan selalu berhadapan dengan disiplin,seperti:
  • Dirumah,kita dihadapkan dengan aturan rumah,yang mendidik penghuni rumahnya untuk mentaati dan mematuhinya,itulah perasaan taat dan patuh akan nilai-nilai yang ada dirumah.
  • Ditempat kerja,kita dihadapkan dengan aturan kerja,yang mendidik para pekerjanya untuk mentaati dan mematuhinya,itulah perasaan taat dan patuh akan nilai-nilai yang ada dtempat kerja.
  • Dan banyak tempat lain yang semuanya memiliki aturan yang wajib ditaati dalam konteks aturan yang berbeda karena tempatnya pun berbeda,akan tetapi semua bermuara pada satu tujuan yaitu mengatur dan mendisiplinkan penghuninya.
Mendisiplinkan itu bersinonim dengan kata pendiplinan,dan menurut wikipedia Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman di mana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

  Istilah Pendisiplinan tidaklah selalu berkonotasi negatif sebagaimana asumsi kita,karena biasanya istilah pendisplinan ini familiar dikenakan kepada orang yang melanggar aturan yang berlaku ditempat itu,dan yang lebih baik adalah mendisiplinkan diri kita,yang artinya mari paksa diri kita untuk mentaati dan mematuhi aturan yang diberlakukan ditempat kita,jenaoa harus ada paksaan?itu mungkin pertanyaan yang ada dibenak kita,kok dipaksa?Hukum atau peraturan itu mempunyai sifat mengatur dan memaksa terhadap subyek hukum yang berada diwilayah hukum aturan tersebut.Sifat mengatur dan memaksa ini diperlukan dalam usaha menegakan aturan tersebut,dan...alanhah bijaknyajika kita memaksa diri kita untuk patuh dan taat pada aturan itulah yang namanya DISIPLIN.

Kata kunci kedua bahwa Disiplin adalah tanggungjawab,karena jika kita disiplin dalam mentaati dan melaksanakan sebuah aturan itu merupakan perwujudan kesadaran kita pada sebuah kewajiban.

Kesimpulan
Bahwa dalam mematuhi dan melaksanakan aturan,dimnapun dan iprofes apau,hendaknya laksanakan dengan penuh tanggungjawab,bukan karena menginginkan sebuah sebutan bahwa kita adalah karyawan atau pekerja TELADAN bukan pekerja TELATAN,akan tetapi karena  berbasis kesadaran yang keluar dari hati nurani yang paling dalam,tanpa merasa DIPAKSA oleh siapapun.

Referensi:

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Disiplin
  2. Foto dokumen pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar