Kamis, 30 November 2017

MENGAJAR YANG MEMBANGKITKAN PESERTA DIDIK BELAJAR


Definisi Guru Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen,pasal 1 ayat 1 bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Merujuk pada bunyi pasal 1 ayat 1 diatas,bahwa tugas utama guru itu 7M:
  1. Mendidik, 
  2. Mengajar, 
  3. Membimbing
  4. Mengarahkan, 
  5. Melatih, 
  6. Menilai, dan
  7.  Mengevaluasi
Dari ke 7M tersebut diatas,saya menggarusbawahi M yang kedua yaitu mengajar yang saya jadikan sebagai bahasan utama artikel ini,bahwa mengajar itu harus memotivasi siswa untuk belajar.
Menurut Kenneth D Moore;Mengajar adalah sebuah tindakan dari seseorang yang mencoba untuk membantu orang lain mencapai kemajuan dalam berbagai aspek seoptimal mungkin sesuai dengan potensinya. 
Lalu, mengajar Yang bagaimanakah Yang dapat memotivasi siswa belajar itu?? 
Jawabannya tentu relatif, sesuai dengan kompetensi,inovasi,Dan kreativitas Yang dimiliki oleh seorang guru.
Sebagai referensi, saya kemukakan beberapa hal Yang dapat memotivasi siswa belajar, yaitu;

  • Gunakan pendekatan, Strategi, Metode, Tehnik,Taktik Dan Model pembelajaran Yang  tepat, guru harus mampu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan menarik serta asing bagi siswa, karena sesuatu Yang Baru Dan asing bagi siswa Akan menaikan level rasa penasaran, antusiasme Dan rasa ingin tahu siswa, apalagi ditunjang dengan penggunaan perangkat IT Dan Tehnik penyajian Yang kekinian. 
  • Tidak pelit memberikan Reward, pujian Dan penghargaan  lainnya, peserta didik juga manusia Yang Akan merasa dihargai Dan senang jika mendapat pujian atas prestasinya.Karena pujian menimbulkan rasa puas Dan senang. 
  • Ciptakan suasana belajar Yang menyenangkan, siswa Akan belajar dengan baik manakala timbul rasa senang, jauh Dari rasa takut Dan intimidasi,merasa Aman Dan terbebas Dari himpitan ketegangan, suasana kelas segar Dan ceria
  • Bangkitkan minat siswa, minat belajar siswa itu Naik turun, adakalanya semangat, namun Ada kalanya kurang bergairah, tugas gurulah untuk kembali membangkitkannya, pecahkan suasana demikian agar kebekuan minat kembali mencair. 
  • Berilah komentar terhadap segala jenis unjuk kerja siswa, agar jerih payahnya serasa dihargai, masih ingatkah Kita dengan sosok pelukis Pak Tino Sidin, Yang selalu memberi pujian terhadap hasil lukisan anak Yang diterimanya dengan ikon pujiannya Yang melekat pada ingatan kita:" Ini lukisan kiriman Dari nak Budi, Bagus.....!", Kita bisa aplikasikan hal tersebut dalam kegiatan pembelajaran. 
Demikian Dan mohon maaf bilamana Ada kesalahan semoga Ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar